oleh

Soreang Mulai Dipercantik

Jelang Penilaian Piala Adipura

SOREANG – Camat Soreang Kabupaten Bandung AryaWiwaha mengintruksikan seluruh kepala desa yang ada di wilayahnya untuk menata dan membersihkan lingkungan. Pasalnya penilaian piala Adipura akan segera dilakukankan.

SOREANG DIPERCANTIK - bandung ekspres
Ilustrasi/jpphoto

CAT TROTOAR: Seorang pria tampak sedang mengecat trotoar dan pot bunga untuk persiapan penilaian Adipura.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Sadu Kecamatan Soreang Irwan kepada Soreang Ekspres (grup Bandung Ekspres) kemarin (24/3) . Dia mengatakan sejumlah wilayah yang akan dinilai tim piala Adipura itu mencakup jalan protokol di lingkunagn komplek Pemkab Bandung, pasar, jalan raya Soreang dan sejumlah kantor desa.

’’Kami memang menerima intruksi itu karena memang penilaian piala Adipura akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Untuk itu kami bersama jajaran pemerintah desa dan kepala dusun segera melaksanakan intruksi itu dengan melakukan penataan lingklungan di wilayah kami,” tutur Irwan.

Hal senada diungkapkan pelaksana lapangan UPTD Bina Marga Soreang H Dede Mulyana. Dia mengaku perbaikan jalan dengan cara ditambal dilakukan di sepanjang Jalan Raya Soreang. Meski itu tanggungjawab propinsi, namun untuk kepentingan yang mendesak, jalan itu diperbaiki oleh UPTD Bina Marga Soreang.

’’Kami melakukan penambalam jalan ini salah satunya karena aka nada penilaian piala kebersihan atau Adipura. Makanya kami melakukan perbaikan ini. Namun kalau dilihat wewenangnya, perbaikan jalan ini merupakan kewenangan Bina Marga Propinsi,” terangnya.

Kepala Dispertasih Kabupaten Bandung Erwin membenarkan jika UPTD pertamanan dan pemakanan telah beberapa hari melakukan penataan terklait dengan penilaian piala Adipura itu. Namun, pihaknya tetap akan melakukan penataan dan memberisihkan lingkungan meski tidak ada penilaian piala Adipura.

’’Penataan ini kami lakukan tidak semata akan adanya penilaian piala Adipura, namun kami juga melakukannya karena itu memang kewajiban kami menata kota yang bersih, indah dan nyaman. Apalagi 20 April ini kabupaten Bandung juga memperingati hari jadi. Jadi bertapatan dengan itu pula kami memperelok lingkungan khususnya di wilayah kota kecamatan Soreangs ebagai ibukota Kabupaten Bandung,.”pungkasnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya sangat terbantu dengan turunnya lima organisasi pemuda untuk ikut terlibat dalam usaha meraih Adipura. Selain dengan organisasi pemuda, kerjasama dilakukan pula dengan sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sesuai dengan tugas pokoknya masing-masing.

Upaya lain yang telah dilakukan dalam penanganan sampah, menurutnya berupa teknis penanganan sampah di TPA (Tempat Pembuangan akhir). (gun/rie)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga