Linmas Terima Kadeudeuh dari Bupati

Insentifnya Kecil, Tanggungjawabnya Besar

IBUN – Sebanyak 240 anggota Pertahanan Sipil atau Perlindungan Masyarakat (Linmas) dari 12 desa di Kecamatan Ibun menerima bantuan kelengkapan pakaian dari Pemerintah Kabupaten Bandung. Bantuan tersebut disalurkan melalui Satuan Polisi Pamong Praja Ibun.

’’Perlengkapan Pakaian linmas ini adalah kadeudeuh Bupati Bandung untuk linmas. Ada topi, baju, celana, pentungan, serta perlengkapan lainnya,’’ kata Kepala Pol PP Ibun, Otang Sulaeman didamping anggotanya Tatang S, kemarin (22/).

Menurutnya, di tahun ini Bupati Bandung tengah memprioritaskan bantuan yang disalurkan ke desa-desa. Pasalnya, tahun ini anggaran miliaran rupiah akan cari pada April-juni mendatang. Tidak hanya untuk infrastruktur, tapi perlengkapan linmas juga diperhatikan.

Sementara itu, Kades Neglasari Sumarna mengatakan, linmas harus selalu menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Jangan sampai ada kejadian yanga dapat merugikan masyarakat. ’’Meski mereka hanya menerima insentif Rp180.000 per tiga bulan sekali,” tandasnya.

Dia berharap, dengan adanya bantuan dari Bupati Bandung dapat bermanfaat dengan baik. Dia mengungkapkan, akan berupaya bersama Camat supaya Insentif linmas dinaikan lagi. Sebab, beban dan tanggungjawab mereka sangat besar. ’’Ke depan, linmas juga harus diberikan pembekalan supaya dapat melatih bela diri,’’ ujarnya.

Ditambahkan Babin Kantibmas Neglasari Engkos Kosasih, menjelang pelaksanaan pilkades Neglasari pada 5 April mendatang, linmas akan mengemban tugas sebagai pertahanan sipil sebagai pelindung masyarakat yang sangat besar. ’’Jadi Linmas harus proaktif di bidang keamanan untuk desa Neglasari,’’ katanya.

Terkait tanggungjawab, di desanya sudah beberapa kali kejadian pencurian. Dia mengkritisi kinerja para linmas dengan adanya kejadian tersebut. Sebab, warga kehilangan 4 ekor kerbau. ’’Beberapa waktu lalu, sepeda motor hilang,’’ jelasnya. ’’Saya akan mengarahkan ke tiap Rw supaya dibentuk lagi siskamling. Sebab, saya suka keliling ngontrol pada waktu malam, tapi linmasnya tidak ada,’’ tambahnya. (mg16/rie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.