Demi Tiket Liga Champions

Atletico v Valencia

MADRID – Valencia tampil sangat luar biasa musim ini. Los Che yang musim lalu terlempar ke posisi delapan klasemen akhir tiba-tiba saja melesat. Sampai jornada ke-25, Valencia berada di posisi keempat, berselisih hanya satu poin ketimbang juara bertahan Atletico Madrid yang menempati ranking ketiga.

Artinya, laga antara Valencia melawan Atletico pada jornada ke-26 Primera Division dini hari nanti di Vicente Calderon, Madrid, sangat krusial.

Pertandingan ini bukan saja sebagai ajang untuk membayangi Real Madrid dan Barcelona yang tak tergoyahkan di papan atas klasemen. Tetapi juga untuk berebut satu tiket lolos langsung ke Liga Champions musim depan alias tanpa harus bersusah payah berjibaku di babak playoff.

Dengan penampilannya yang sangat konsisten, Valencia memang memiliki alasan untuk optimistis. Dani Parejo dkk menang dalam empat kali laga beruntun dan lantas unggul tujuh angka atas peringkat kelima Sevilla.

Pada leg pertama di Mestalla, 4 Oktober lalu, Valencia sukses menghajar Atletico dengan skor 3-1. Namun, dalam lima kunjungan terakhir ke Vicente Calderon, Valencia tidak pernah sekalipun memenangkan pertandingan. Apalagi rekor Atletico di kandang sendiri sangat bagus. Dalam 33 pertandingan, Atletico hanya kalah sekali.

”Pertandingan ini sangat sulit karena kami melawan tim yang hebat. Mereka bermain di Liga Champions dan mengalami lonjakan permainan yang juga hebat,” ucap gelandang Valencia Enzo Perez sebagaimana dilansir Marca.

”Saya memiliki kesempatan dengan (Diego) Simeone (Entrenador Atletico) selama enam bulan di Estudiantes. Idenya adalah bermain dengan intens dan membuat lawan tidak mudah menguasai bola. Kami sering menjalani laga bagus,” imbuh pemain Tim Nasional Argentina yang menjadi pemain Simeone pada musim 2006-2007 itu.

Dalam laga ini, Valencia masih tidak diperkuat striker utama Paco Alcacer yang masih dalam tahap pemulihan cedera lutut. Tempat bintang muda berusia 21 tahun tersebut akan digantikan oleh pemain pinjaman dari Manchester City, Alvaro Negredo.

Kondisi Atletico juga tidak menguntungkan. Sebab tim berjuluk Los Rojiblancos tersebut tidak bisa menggunakan jasa penyerang yang penampilannya sangat hot, Antoine Griezmann. Pemain asal Prancis itu mendapatkan skorsing karena akumulasi kartu kuning.

Performa Atletico sendiri sedang mengalami guncanngan. Dalam tiga laga terakhir di Primera Division, Gabi dkk hanya menang sekali. Atletico kehilangan poin maksimal karena kalah di kandang Celta Vigo (0-2) dan ditahan imbang tuan rumah Sevilla (0-0). Satu-satunya kemenangan didapatkan usai membekap Almeria 3-0 di Calderon.

Rentetan hasil kurang memuaskan tersebut membuat Atletico semakin ngos-ngosan dalam mengejar pemuncak klasemen sementara Real Madrid. Atletico tertinggal tujuh angka. Kabar buruk lainnya, Atletico yang memiliki koleksi 54 poin hanya memimpin satu angka saja atas Valencia.

”Kami sangat bersemangat. Kami bermain imbang melawan tim hebat seperti Sevilla. Itu adalah pertandingan yang sulit, namun di atas semuanya kami bisa mendapatkan poin. Mereka juga gagal memperpendek jarak dengan kami,” kata defender Atletico Jesus Gamez sebagaimana dilansir AS.

”Kami paham bahwa Valencia semakin mendekat. Dan tentu saja, pertandingan ini akan sangat sulit. Namun kami mendapatkan dukungan dari fans. Dan kami sangat bersemangat untuk memenangkan laga,” imbuhnya.

Absennya Griezmann membuat Simeone mengalami dilema. Yakni memilih siapa penyerang intinya dalam laga ini. Kalau memakai pola 4-4-2, Fernando Torres bisa saja diduetkan dengan Mario Mandzukic. Kemungkinan lain adalah memainkan Raul Garcia sebagai starter.

Pola itu bisa dipilih kalau misalnya Simeone meninggalkan formasi 4-1-4-1 yang dia gunakan ketika melawan Sevilla.

Selain, tanpa Griezmann, Atletico juga kehilangan bek tengah utama asal Brasil, Miranda. Solusinya, Simeone bisa memainkan bek muda dari Uruguay Jose Maria Gimenez sejak menit pertama. Pemain belakang berbakat Saul Niguez juga tidak bisa bermain karena mengalami cedera dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Bayer Leverkusen (25/2). (nur/asp/rie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar