Mesada Batik Sebagai Ikon Kota Bandung

Padupadankan Motif Flora dan Fauna

Kota Bandung hingga saat ini ibarat surga bagi banyak orang. Tidak hanya bagi penggemar kuliner, tapi eksistensi Bandung juga dikenal karena surga bagi penghobi belanja.

Khusus soal belanja, Bandung memang tak ada duanya. Dari pakaian distro yang lebih kekinian, hingga yang berbau seni budaya pun ada.

Nah, khusus yang bertema budaya, batik seperti menjadi primadona tersendiri. Sebab, hampir semua daerah di Jawa Barat memiliki motif berbeda. Meski, motif batik yang ada di Jawa Barat secara umum sangat identik dengan motif alam: tumbuhan dan binatang.

Salah satunya, motif burung Kutilang yang biasa masyarakat Sunda menyebutnya Cangkurileung. Motif ini adalah salah satu fauna khas Bandung yang dipadupadankan dengan bunga Patrakomala sebagai flora khas Bandung.

Namun, banyak orang yang belum mengetahui apa yang menjadi ciri khas kota yang kita tempati. Kota Bandung memiliki nilai filosofis sebagai alam tempat segala mahluk hayati dan nonhayati yang lahir dan tinggal di Ibu Pertiwi.

Simbiosis bermakna kehidupan, yakni merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Pada desain yang saya buat terdapat unsur simbiosis yaitu antara burung Cangkurileung dan bunga Patrakomala yang merupakan bagian penting yang menjadi ikon kota Bandung yang keberadaanya perlu dilestarikan. Dengan lestarinya ruang terbuka hijau dengan alam untuk meningkatkan mutu simbiosis mahluk hidup yang berkesinambungan.

Selain itu, ciri khas senjata khas Jawa Barat Kujang merupakan pendukung visual yang sangat berkaitan dengan Kota Bandung yang berada di wilayah Jawa Barat sebagai makna simbol pemersatu antara simbiosis yang ada atau pemersatu keberagaman hayati yang ada di Kota Bandung.

Salah satu perusahaan yang konsen dalam memproduksi batik dengan motif itu adalah PT Semesta Nusa Bermuda 97 dengan nama jual Mesada. Perusahaan ini merupakan produsen sekaligus distributor batik Bandung dan Totopong (ikat) Bandung dengan kualitas dan harga yang menarik.

PT Semesta Nusa Bermuda 97 sanggup memenuhi kebutuhan batik yang banyak diminati berbagai kalangan. Terlebih, perusahaan ini juga telah memiliki hak cipta untuk seni motif batik Bandung yang mendapatkan rekomendasi dari Disbudpar Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan