Djanur Waspadai 5 Tim Tangguh

Bisa Jadi Ancaman untuk Persib di ISL

Bandung – Meski belum bergulir, namun Persib Bandung mulai memetakan strategi peperangan menghadapi Indonesia Super League (ISL) 2015. Termasuk, seleksi merekrt striker asing.

Strategi lain yang dibaca adalah rival berat yang mungkin jadi ancaman. Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman membeberkan, tim mana saja yang menjadi kompetitor terkuat di ISL 2015. Dari pengamatannya, ada lima tim bakal menyulitkan langkah Persib.

Djanur –sapaan akrab Djadjang Nurdjaman—mengungkapkan, Persipura (Jayapura), Arema (Crounus), Sriwijaya (FC), Mitra Kukar dan Persija (Jakarta) menjadi lima tim yang perlu diwaspadai. ’’Lawan terberat tetap yang sudah punya pengalaman di ISL,’’ papar Djanur, kemarin (22/2).

Ancaman terberat, kata dia, adalah dua rivalnya saat final ISL 2014 dan Inter Island Cup (IIC). ’’Kalau yang paling diwaspadai Persipura dengan Arema. Sebab, keduanya selalu bermain konsisten,’’ tuturnya.

Djanur pun kemudian mengurai pengamatannya pada lawan. Dia mencontohkan Persipura. Bagi dia, Persipura selalu menunjukan eksistensi di ISL. Bahkan, cenderung tidak pernah terperosok di dasar klasemen. Sebagai gambaran, Boaz Sollosa cs terhitung tiga musim berturut-turut menjuarai ISL (musim 2008/2009, 2010/20011 dan 2012/2013). Demikian halnya Arema. Dia menilai anak-anak asuhan Suharno itu cukup solid di lapangan. ’’Arema sudah mulai tiga tahun ini konsisten dan pemain tidak banyak berubah,’’ imbuhnya.

Hal serupa juga diungkapkan mantan pemain Persib Bandung, Yudi Guntara. Menurut Yudi, Persipura tetap akan menjadi lawan paling tangguh. Di luar itu, kompetisi akan kembali menerapkan format satu wilayah. Sayangnya laga kick-off yang semula bakal dihelat 20 Februari 2015 harus diundur selama dua pekan.

’’Untuk format kompetisi (ISL) musim ini, saya kira Persipura masih di urutan pertama. Dari segi persiapan fisik dan mental bertanding saya kira Persipura masih lebih siap. Begitupun Arema,’’ ujar Yudi.

Dalam pengamatannya, Persib musim ini akan menjadi tim terkuat ketiga. Hal itu mengacu pada raihan posistif saat tampil di partai tandang ISL 2014. Salah satu pencapaian itu, saat mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 3-2 di babak delapan besar (10/10/2014) lalu.

’’Tren Persib sudah bagus. Di 2014 main di luar (tandang) 75 persen sampai 85 persen mereka bagus statistiknya. Otomatis, artinya mental bertanding juga bagus,’’ ungkapnya.

Lebih jauh, Persib saat ini tengah mencari start manis di Piala AFC 2015. Menurut Yudi, dengan komposisi pemain yang ada, pasukan Maung Bandung memiliki kans untuk bicara banyak di helatan itu.

Seperti diketahui, Kampiun ISL 2014 itu akan mengawali debut di babak fase Grup melawan New Radiant (Maladewa), di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Rabu (25/2)

’’Persib dihuni banyak pemain pemain timnas. Pastinya, mereka mempunyai banyak pengalaman di kompetisi internasional. Jangan dulu bicara teknik, tapi tim yang mempunyai mental yang kuat yang akan bicara banyak di AFC nanti,” pungkasnya. (byg/rie )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.