oleh

Bank BUMN Syariah Bakal Digabung

JAKARTA – Kementerian BUMN kembali menggagas rencana penggabungan tiga bank syariah yang sempat tertunda. Alasannya, pertumbuhan bank syariah di tanah air lebih lambat dibandingkan bank konvensional.

Bank BUMN Syariah Bakal Digabung - bandung ekspres
HITUNG UANG: Seorang frontliner Bank BRI Syariah saat sedang melayani nasabah.

’’Indonesia dengan jumlah penduduk muslim mayoritas lebih dari 160 juta jiwa, namun perkembangan ekonomi syariah sangat lambat. Terlihat bank syariah penetrasinya dari sisi aset hanya sekitar 4 persen dibandingkan bank konvensional,’’ kata Kepala Bidang Komunikasi Publik Kementerian BUMN, Teddy Poernama di Jakarta Rabu (18/2).

Tiga bank syariah BUMN itu adalah Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRI Syariah. Jika dimerger, tiga bank syariah yang merupakan anak usaha bank BUMN tersebut diharapkan perkembangannya lebih pesat.

Teddy menjelaskan, Kementerian BUMN dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah membentuk tim kajian rencana konsolidasi anak perusahaan perbankan BUMN itu. ’’Proses saat ini telah dibentuk tim utk mengkaji kelayakan rencana konsolidasi anak perusahaan bank syariah tersebut antara lain untuk melihat pro dan kontra dari rencana korporasi dimaksud,’’ katanya.

Ketua OJK Muliaman Hadad berharap, penggabungan bank syariah milik pemerintah dapat direalisasikan tahun ini juga. Menurutnya, saat ini masih dalam proses pengjajian. ’’Penggabungan bank syariah sedang kami bicarakan. Insya Allah tahun ini disatukan,’’ tuturnya. (dri/far)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga