Target Tercapai, Toure Pensiun

BERAKHIR sudah kiprah Kolo Toure di tim nasional (timnas) Pantai Gading. Minggu (15/2), bek 33 tahun itu menyatakan pensiun dari tim yang baru saja menjuarai Piala Afrika 2015 tersebut. Toure pensiun dari tim yang kini dikapteni sang adik, Yaya Toure, itu setelah mencatat 112 caps dan tujuh gol sejak 15 tahun lalu alias sejak dia berusia 18 tahun.

Kolo Toure - bandung ekspres
Kolo Toure

Sampai dengan partisipasi terakhir di Piala Afrika 2015 di Guinea Katulistiwa, bek Liverpool tersebut tetap tidak tergantikan di jantung pertahanan Sang Gajah, julukan timnas Pantai Gading. ’’Target saya adalah meraih Piala Afrika. Setelah terpenuhi, saya rasa ini momen yang tepat untuk pensiun,’’ ujarnya seperti dikutip BBC.

Mantan pemain Arsenal dan Manchester City itu mengaku, sangat berat mengambil keputusan pensiun. Sebab, selama lebih dari dua windu berkostum Pantai Gading, dia mencicipi banyak pengalaman berharga, baik di Piala Afrika maupun Piala Dunia.

Toure sudah bermain di tujuh edisi Piala Afrika. Dua di antaranya menjadi bagian dari skuad yang kalah di final melalui adu tendangan penalti, yakni pertama dari Mesir pada 2006 dan Zambia tiga tahun silam. ’’Kadang bayang-bayang kekalahan tersebut menghantui pikiran. Tapi, dengan kesuksesan di Guinea Katulistiwa, saya harus melupakan masa lalu dan menikmati saja momen bagus ini,’’ tuturnya.

Sekalipun perannya tidak tergantikan sepanjang Piala Afrika di Guinea Khatulistiwa lalu, dia ternyata sudah mempunyai gambaran siapa pemain yang layak menjadi penerusnya. Dia adalah Ousmane Viera Diarrassouba yang disebutnya bakal menjadi pemegang tongkat estafet komandan jantung pertahanan Pantai Gading.

Viera merupakan bek berusia 28 tahun yang sekarang bermain untuk klub Liga Turki, Caykur Rizespor. Dia baru mencatat tiga caps bersama Sang Gajah. ’’Dia suksesorku kelak. Di timnas Pantai Gading, dia akan jadi mentor bagi Eric Bailly dan Wilfried Kanon. Dia pengganti yang sempurna,’’ ungkapnya. (ren/c20/ttg/far)

Tinggalkan Balasan