oleh

Targetkan 400 Sambungan Rumah

Penambahan Dilakukan Didelapan Titik

CIMAHI – Untuk meningkatkan standar kehidupan warganya, Pemkot Cimahi pada tahun ini menargetkan bisa menambah pemasangan sambungan rumah (SR) sistem pengelolaan air limbah skala lingkungan atau septic tank komunal sebanyak 4.000 SR.

Kabid Air Bersih dan Air Limbah Domestik Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi, Djani Ahmad Murjani mengatakan, sejak dua tahun silam pihaknya telah menjalankan program tersebut dengan sokongan dana dari negara donor, APBD provinsi Jabar dan APBD Kota Cimahi.

Baca Juga:  Warga Harap Pembangunan Stadion Sangkruriang Segera Dilakukan

”Sejauh ini penambahan sambungan akan dilakukan di delapan titik seperti Kelurahan Cibabat, kelurahan Citeureup dan kelurahan Pasirkaliki,” katanya kepada wartawan di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, kemarin (4/2).

Dia menjelaskan, alasan pembangunan baru dilakukan di wilayah tersebut lantaran pembangunan sistem pengelolaan air limbah skala lingkungan ini ada di tiga wilayah tersebut. Selain itu terdapat lahan carik untuk dilakukan pembangunan pengelolaan air limbah.

Baca Juga:  Pemkot dan Kejari Cimahi Teken MoU Soal Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

”Rata-rata setiap diperuntukan bagi 200 kepala keluarga sampai 400 kepala keluarga tergantung lahan yang akan digunakan,” katanya.

Mereka yang berhak menerima program ini adalah semua kelompok masyarakat terutama masyarakat yang tidak memiliki sistem pengelolaan air bersih.

Dia menjelaskan di setiap bak septic tank komunal berukuran 3 x 15 meter dengan kedalaman 1,90 meter ditaburi bakteri pengurai sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan pupuk organik. (bis/asp)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga