oleh

Kualitas Asbuton Lebih Baik dari Asmin

Pusair Terus Lakukan Penelitian dan pengembangan Apal Buton.

COBLONG – Puslitbang jalan dan jembatan, Balitbang PU tengah meniliti kualitas dan pengembangan Aspal Buton (Asbuton) agar bisa digunakan untuk pembangunan Infrastruktur Jalan di Indonesia. Sekretaris Pusair Jawali Marbun mengatakan, sebetulnya kualitas Asbuton sangat baik bila dibandingkan Aspal Minyak (Asmin).
”Kalau hujan Asbuton lebih kuat bila dibandingkan dengan Asmin, namun pada pelaksanaannya kontraktor biasanya tidak suka karena harus dipanaskan lebih tinggi,” jelas Jawali ketika dihubungi, kemarin (1/2).
Menurutnya, kalau digunakan dengan cara prosedur Aspal Buton itu lebih keras dan tahan terhadap derasnya hujan dan panas matahari serta tekanan kendaran dalam waktu yang lama. Terlebih Asbuton saat ini bisa dilakukan dengan tehnik di Ekstrak.
”Dengan demikian penggunaannya bisa dilakukan secara langsung baik untuk pembangunan jalan maupun hanya sekedar menutup jalan yang berlubang,” ucap Jawali.
Namun demikian, lanjut dia, penggunaan Asbuton oleh para kontraktor masih terbilang sedikit dengan alasan harga. Mereka lebih memilih Asmin karena harga relatif murah walaupun ketahanannya dan kualitasnya masih diragukan.
Lebih lanjut dirinya mengatakan, saat ini penggunaan Asbuton di Indonesia masih relatif kecil, sebab jarak dari pulau Buton yang sangat jauh sehingga terkendala dalam transportasi pengiriman.
Namun kata dia, masalah transportasi bisa diakali dengan pengemasan angkutan yang baik agar kualitas aspal buton pada saat pengiriman tetap baik.
Jawala menambahkan, Asbuton itu merupakan produk dalam negeri dan tidak ada komponen dollarnya. Sedangkan untuk Asmin merupakan hasil sisa pengelolaan crude minyak yang harganya terpengaruh oleh dollar.
”Asminkan hasil sisa dari pengelolaan crude oil dari minyak yang di Impor di Timur Tengah kemudian diolah di Cilacap,” cetus dia.
Saat ini, imbuh dia ekplorasi Aspal Buton produksinya masih kecil sehingga mengakibatkan harga yang mahal akan tetapi kalau seluruh Kab/Kota mau menggunakan Aspal Buton otomatis produksi akan dilakukan dengan skala besar dan biayayanpun pasti murah.
”Kita berharap pemerintah bisa mengeluarkan regulasi agar dalam pembangunan infrastruktur jalan agar Asbun dapat dipergunakan di seluruh jalan di Indonesia,” pungkas Jawali. (yan/fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga