Mahasiswa Meninggal di Rancaupas

RANCABALI – Diduga akibat kelelahan, mahasiswa asal Thailand ini akhirnya meninggal dunia. Peristiwa itu dialami Abdul Aziz, 22, mahasiswa UIN Kalijaga Yogyakarta di Bumi Perkemahan Rancaupas, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Selasa (27/1).

Aktivitas itu dilakukan bersama sesama warga Thailand. Menurut penyidikan sementara, sebelum meninggal Abdul Aziz sakit. Kasat Reskrim Polres Bandung AKP Pribadi Atma mengatakan, menurut saksi-saksi yang telah diperiksa, mahasiswa semester lima Jurusan Pendidikan Agama Islam tersebut tengah mengikuti kegiatan orientasi. Bersama 30 mahasiswa asal Thailand dan 20 oarng pembimbing.

Kegiatan yang berlangsung pada 20–28 Januari 2015 itu melibatkan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Sunan Gunung Djati Bandung. Korban terlihat kelelahan dan kedinginan saat mengikuti kegiatan. Tidak lama kemudian korban pingsan dan dari mulut serta hidung keluar cairan. Panitia kemudian membawa korban ke klinik dr Iwan Siteja di Kampung Legok, Kondang Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali untuk memberi pertolongan pertama. Tapi, korban tidak tertolong dan meninggal dunia.

’’Saat ini, jenazah berada di RS Sartika Asih, Bandung. Pihak rumah sakit akan melakukan otopsi terhadap jenazah tersebut untuk mengetahui penyebab kematiannya,” ujarnya.

Pribadi mengungkapkan, saat ini polisi sudah memeriksa 15 orang saksi yang mengetahui awal mula kejadian. Dan di tubuh korban tidak ada tanda kekerasan yang ditemukan. Oleh karena itu, dia menduga korban meninggal lantaran sakit karena kelelahan. ’’Berdasarkan keterangan adiknya, korban memang punya riwayat penyakit asma. Namun, ini akan kami selidiki lebih lanjut dengan autopsi,’’ pungkasnya. (mg14/hen)

Tinggalkan Balasan