Optimistis Penjualan Smartphone Terus Tumbuh

PASAR smartphone di tanah air diyakini masih akan tumbuh pesat pada tahun ini. ini didorong oleh terus berkembangnya fitur serta aplikasi yang terus menawarkan berbagai kemudahan pengguna.

Berdasarkan data yang dimiliki Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI), pada tahun lalu dari 280 juta gadget yang beredar, porsi smartphone hanya sekitar 20 persen. Di tahun ini, diprediksi akan terjadi peningkatan 10 persen sehingga komposisi smartphone menjadi 30 persen dari gadget yang beredar.

Asus menjadi salah satu produsen smartphone yang cukup optimistis dengan pasar smartphone di Indonesia. Di tahun ini, Asus yakin bisa mencatatkan pertumbuhan penjualan.

”Target penjualan Asus pada smartphone di tahun ini sebanyak 8 juta unit. Dan penjualan pada 2014 ini, tercatat ada sebanyak 1,6 juta unit smartphone dari seri Zenfone. Sedangkan untuk tablet sebanyak 400 ribu unit, jadi kalau ditotal sekitar 2 juta unit semuanya,” ujarnya Juliana Cen, Country Product Group Leader Asus Indonesia, belum lama ini.

Meningkatnya target penjualan tersebut membuat Asus juga menghadirkan lini produk baru untuk memperkuat penetrasi pasar. Belum lama ini Asus memperkenalkan dua smartphone andalan terbarunya di ajang Consumer Electronics Show 2015. Kedua perangkat tersebut adalah Zenfone 2 dan Zenfone Zoom.

Asus Indonesia pun mengonfirmasi kesua produk tersebut juga akan dihadirkan untuk pasar Indonesia. Meski tidak membeberkan tanggal pastinya, Juliana Chen, mengindikasikan keduanya akan diperkenalkan pada April mendatang.

”Tanggal pasti belum bisa dipastikan. Namun bulannya sama dengan bulan perilisan Zenfone pertama kali di Indonesia,” bebernya.

Sementara itu, produsen smartphone asal Tiongkok Oppo pun yakin dengan semakin tingginya pengguna smartphone di Indonesia, pihaknya dapat mencapai target penjualannya di tahun ini.

”Tahun ini, Oppo menargetkan penjualan smartphone hingga 300 ribu unit per bulan. Untuk mencapai target tersebut, Oppo akan membuka sejumlah store baru,” ungkap Aryo Meidianto, dari Media Engagement PT. Indonesia OPPO Electronics.

Begitu juga dengan vendor ponsel lokal Advan yang akan terus menambah jumlah Advan Experience Shop. Advan bertekad ingin menghadirkan Experience Shop di setiap sentra penjualan gadget dan IT.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan