KKI Padalarang Makin Eksis

PADALARANG – Karate memiliki beberapa aliran. Diantara Kushin Ryu M Karate- Do Indonesia (KKI). Aliran ini berasal Jepang. Orang yang menciptakan KKI ini yakni Sanosuke Ueshima. Dia adalah orang pertama yang memperkenalkan Kushin Ryu M Karate- Do pada tahun 1966.

KKI
BERPOSE: Para anggota KKI Padalarang tampak kompak saat menunjukan kebersamaan.

Kini, KKI juga di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan telah berusia 8 tahun. KKI di KBB berkembang di wilayah Padalarang. Karena KKI Padalarang lebih lama berdiri. Murid dari KKI Padalarang berjumlah sekitar 40 orang. Saat ini, KKI Padalarang lebih fokus pada pembelajaran bela diri Jujitsu. Sementara KKI Bandung Barat lebih fokus kepada pelatihan atlit. Jumlah murid dari KKI Bandung Barat berjumlah 60 orang.

Pada karate ada beberapa tingkatan yang ditandai dengan warna sabuk. Tingkat paling rendah memiliki warna putih, kuning, hijau, biru muda, biru tua, coklat muda, coklat tua dan terakhir adalah hitam. Di KKI Padalarang, untuk sabuk hitam diajarkan olehSensei (guru) bernama Tb. Arifin Djunaedi. Dia juga salah satu guru besar karate di Padalarang. Umurnya sudah melebihi setengah abad. Sementara untuk sabuk dibawahnya diajari oleh senpai (asinsten).

”Tanpa disadari, karate adalah salah satu olahraga yang mengajarkan sportif, jujur dan tekun,” ujar Tohari kepada Bandung Ekspres, belum lama ini. Tohari menambahkan, secara tidak langsung hal-hal tersebut adalah pembentukan jati diri manusia.

KKI Bandung Barat sudah mencetak banyak atlit karate. Seperti Albar Dika Pratama (juara 3 Porda Jabar 2014), Anwar (juara 2 Porda Jabar 2014), Rima (juara 1 Porda Jabar 2014 dan Hillal Agustina Muhammad (juara Nasional Karate UNY Cup VI pada 14-16 November 2014). (mg5/fik)

Tinggalkan Balasan