oleh

3 Pesilat Jabar Raih Juara Dunia

Modal untuk Jabar Kahiji

BANDUNG – Atlet Pencak Silat Jawa Barat menyumbangkan tiga medali emas, satu perak dan satu perunggu bagi kontingen Indonesia pada 16th World Pencak Silat Championship 2015 di Phuket, Thailand, yang berakhir 17 Januari lalu. Total, kontingen Indonesia meraih sembilan medali emas, tujuh perak dan tiga perunggu dan berhasil menjadi juara umum

Pencak Silat jabar
HEBAT EUY: Para pesilat asal Jawa Barat foto bersama usai pagelaran 16th World Pencak Silat Championship 2015 di Phuket, Thailand, 17 Januari lalu. Tiga dari mereka berhasil menjadi juara dunia.

Pesilat Jawa Barat yang berhasil menyumbangkan medali emas bagi tim Indonesia sekaligus menjadi juara dunia yakni Wewey Wita dari kelas C putri, Selly Andriani di kelas D putri dan tim regu putra atas nama Nunu Nugraha, Asep Yulda Sani, dan Anggi Faisal. Sementara satu medali perak disumbangkan Eldiansyah dari kelas I putra dan medali perunggu disumbangkan Nirmalasari dari kelas B putri.

”Prestasi pesilat Jawa Barat di Kejuaraan Dunia pencak silat ini tentu saja menjadi modal yang berharga bagi kita untuk mewujudkan Jabar Kahiji di PON XIX/2016,” ujar Sekretaris Umum Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jabar, Dede Iman Nurgana.

Pesilat yang saat ini tergabung di Pelatnas Prima yaitu Wewey, Selly, dan Nirmala akan langsung kembali masuk dalam kamp Pelatnas SEA Games 2015. Sementara pesilat lain, akan masuk dalam kamp Pelatda PON XIX Jabar yang direncanakan dimulai pada awal Februari 2015 nanti.

Seperti diketahui, Pengprov IPSI Jabar sudah melakukan pemetaan para atletnya dalam dua kategori. Kategori pertama, akan diisi pesilat yang memiliki peluang lebih besar meraih medali emas dan, kemungkinan besar, mereka akan masuk dalam susunan tim inti tim Pencak Silat Jabar untuk PON XIX/2016. Sementara untuk kategori kedua, diisi oleh pesilat potensial Jabar meski peluangnya masuk dalam komposisi tim inti Pencak Silat Jabar masih fifty fifty.

”Dari pemetaan di kategori pertama, kita optimistis bisa meraih 9 medali emas. Pesimisnya minimal 4 medali emas yang bisa kita raih di PON XIX/2016. Meski demikian, potensi pesilat yang kita miliki di kategori kedua pun tidak menutup kemungkinan menyumbangkan medali dengan melihat peluang mereka di tingkat nasional,” tandasnya.

Keberhasilan para pesilat Jabar di kejuaraan dunia pun dipresiasi KONI Jabar. Secara khusus, induk organiasi olahraga tertinggi di Jabar ini memberikan perhargaan bagi para atlet. Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin kepada para atlet yang berangkutan, Sabtu (24/1) lalu. (jur/asp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga