Menang tanpa Instruksi Khusus

Lazio 3 vs Milan 1

ROMA – AC Milan memecahkan ’rekor’. Tapi, bukan rekor yang bisa membuat siapa saja yang terkait dengan rival sekota Inter Milan tersebut bangga, malah harus tertunduk malu.

Menyusul kekalahan 1-3 (1-0) dari tuan rumah Lazio di Stadion Olimpico, Roma, kemarin dini hari WIB (25/1), berarti ’Rossoneri’ julukan Milan belum pernah menang di bulan Januari ini. Kemenangan terakhir tim asuhan Filippo Inzaghi tersebut diraih atas Napoli pada 14 Desember tahun silam.

Setelah itu, Milan mengalami tiga kekalahan dan dua kali imbang. Rentetan tanpa kemenangan selama Januari itu merupakan catatan terburuk sejak 1941.

”Permainan yang buruk, tapi pemain sudah melakukan segalanya,” ujar Inzaghi kepada Sky Sport Italia. Wajar kalau Inzaghi mengakui tim asuhannya bermain buruk. Dari data Whoscored, para pemain tuan rumah total melepaskan 18 kali tembakan. Bandingkan dengan Milan yang hanya mampu melakukannya dua kali.

Penampilan buruk itu kian dinodai ulah memalukan bek Philippe Mexes. Pemain asal Prancis itu mencekik dua pemain Lazio, Stefano Mauri dan Lorik Cana, yang berbuntut kartu merah jelang berakhirnya pertandingan.

Mexes langsung meminta maaf secara terbuka kepada Mauri seusai pertandingan. ”Sayalah yang bertanggung jawab,” ujar mantan pemain AS Roma itu.

Padahal, Milan mengawali pertandingan dengan baik. Laga baru berjalan empat menit, mereka sudah unggul melalui Jeremy Menez. Baru di awal babak kedua, persisnya menit ke-47, Lazio bisa membalas melalui Marco Parolo. Parolo kembali membobol gawang Diego Lopez pada menit ke-81. Sedangkan satu gol tuan rumah lainnya dicetak Miroslav Klose pada menit ke-51.

Meski tertinggal dulu, pelatih Lazio Stefano Pioli tak menganggap duel melawan Milan sebagai laga yang berat. Bahkan dia mengaku tidak memberikan instruksi khusus kepada Stefano Mauri dkk karena berkeyakinan sejak awal tak sulit menaklukkan Rossoneri. ”Justru mereka yang bisa memberi tahu bagaimana mendominasi, membuat peluang, dan memainkan sepak bola yang hebat. Kalian lihat sendiri, kemenangan memang layak kami dapatkan,” tegasnya.

Kedua tim bakal kembali berduel Rabu dini hari lusa (28/1) di San Siro, Milan, di perempat final Coppa Italia. Inzaghi bakal membenahi beberapa aspek penampilan tim asuhannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan