Tes Pertama Valdes

Cambridge United vs Manchester United

CAMBRIDGE – Awal Januari lalu nama Victor Valdes resmi menjadi bagian dari skuad Manchester United. Namun, untuk menembus starting line up, Valdes butuh waktu yang lumayan lama. Setelah menanti dua pekan, penantian Valdes akan posisi nomor satu di United terjawab dini hari nanti.

Pasalnya, pertandingan babak keempat Piala FA menghadapi tuan rumah Cambridge United yang berlangsung di Abbey Stadium, Cambridge dini hari nanti kepercayaan dari pelatih Louis van Gaal untuk posisi di bawah mistar disebut-sebut jatuh kepada mantan penjaga gawang Barcelona itu.

Jika memang benar Valdes menggeser posisi David De Gea sebagai starter, maka laga tersebut akan menjadi debut perdananya di Tanah Britania. Dengan masuknya nama Valdes, semakin santer pula niatan United untuk melepas salah satu penjaga gawangnya dalam bursa transfer Januari ini.

Apalagi, kabar yang merebak, United akan melakukan pertukaran antara De Gea dengan winger Real Madrid, Gareth Bale. Bisa jadi, pertaruhan meraih tiket ke babak kelima ajang Piala Liga itu tes kelayakan Valdes mengisi posisi rekan sekompatriotnya sebagai penjaga gawang utama Setan Merah.

Dalam pernyataannya, pelatih United, Louis van Gaal tidak bersedia membenarkan apa yang sudah dispekulasikan banyak pihak tentang posisi nomor 1 untuk Valdes. ”Media sungguh luar biasa bisa menafsirkan seperti itu. Saya tidak mengatakan apapun tentang line up sampai sejam sebelum pertandingan,” ujarnya kepada MUTV.

Apabila Valdes memang dipasang, maka akan menjadi handicap tersendiri. Pasalnya, dari sisi performanya selama ini, penjaga gawang berusia 33 tahun tersebut kadang lemah saat mengantisipasi bola atas. Sialnya, bola-bola atas diprediksi Van Gaal bisa menyulitkan barisan pertahanannya.

Dalam wawancaranya dengan Mirror, pelatih yang akrab dengan sapaan LvG tersebut mengakuinya sendiri. ”Mereka bermain dengan bola-bola direct, bola-bola panjang, dan mempunyai lima atau enam pemain dengan tinggi badan lebih dari 190 sentimeter. Jadi, ini tantangan besar untuk pertahanan kami,” sebut pelatih berkebangsaan Belanda itu.

LvG menganggap pertandingan melawan Cambridge bukan momen yang mudah untuk dilewati. Itu juga didukung salah seorang pemainnya, Juan Mata. Hanya, dia meyakini tahun ini bisa menjadi tahunnya United menggondol satu trofi ke Old Trafford, dan trofi Piala FA ini jadi harapannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan