XL Siapkan 4G-LTE

Modernisasai Jaringan Bidik Bandung dan Tasikmalaya

BANDUNG – PT XL Axiata akan melakukan modernisasi jaringan di dua kota, yakni Kota Bandung dan Tasikmalaya pada Januari 2015. Ini diungkapkan Vice Precident Central Region XL Bambang Parikesit saat teleconference Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa di Graha XL Bandung, Jalan L. R. E Martadinata, belum lama ini.

Bambang mengatakan, jaringan 4G LTE akan dipersiapkan untuk menggantikan 3G. Untuk modernisasi ini, pihaknya akan meng-upgrade Base Transceiver Station (BTS) di beberapa lokasi.

’’Modernisasi jaringan di kedua kota ini, melanjutkan modernisasi yang telah dilakukan di beberapa daerah lainnya di Jawa Barat,’’ ujar Bambang.

Sebelumnya, XL Central Region telah memodernisasi jaringan di daerah Cianjur, Purwakarta, dan Garut menjadi 3G.  Dia menyadari bahwa telah terjadi perubahan yang cukup signifikan dalam behavior customer. Berapapun kapasitas data yang diberikan, konsumen menggunakannya. Untuk itu, XL mempersiapkan diri sedemikian rupa, sehingga pada saatnya bisa melayani kebutuhan masyarakat dengan baik dan memuaskan.

’’Ada kecenderungan peralihan dari 3G ke 4G ini akan lebih pendek, tidak seperti saat menuju 3G yang memerlukan waktu dua tahun. Apalagi handset yang support 4G sudah mulai tersedia dengan harga yang terjangkau. Operator sebagai pipa mesti benar-benar siap menghadapinya,’’ ungkapnya.

Dia menuturkan, pihaknya akan terus fokus di network quality. Di Jateng dan DIY, dia mengklaim keseluruhan prosesnya sudah rampung. Untuk kemudian mulai menggenjot di Jabar. ’’Mudah-mudahan pada 2015 ini, jaringan 4G-LTE sudah dapat diakses oleh masyarakat Jabar,’’ ujar dia.

Menurut dia, pihaknya telah mengganti semua perlengkapan yang dibutuhkan. Dari mulai radio hingga tower BTS. Dengan modernisasi ini, diharapkan power yang keluar lebih besar sedangkan perangkat lebih kecil. (mg8/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan