Mengunjungi Base Camp Timnas Belanda di Rio de Janeiro

Bila melihat stadion itu dari luar, bentuknya tampak kurang meyakinkan. Kelasnya tidak berbeda jauh dengan stadion lawas seperti Gelora 10 Nopember, Surabaya. Padahal, ukurannya jauh lebih besar daripada Gelora 10 Nopember.

Tetapi, di dalamnya terdapat fasilitas yang jauh lebih oke. Stadion tersebut memang lebih banyak dipakai Flamengo untuk latihan. Sebab, lokasi latihan mereka yang baru di Estrada dos Bandeirantes, bernama CT George Hall, belum bisa dipakai.

Di dalam stadion itu, tidak hanya terdapat Museum Flamengo, tetapi juga kolam renang, gym, dan pusat recovery cedera pemain. Saat Jawa Pos pergi ke sana, kebetulan bus yang biasa mengangkut pemain berada di sana.

“Maaf, tidak ada latihan hari ini (kemarin, Red). Bus memang selalu terparkir di situ selama tidak digunakan karena tidak bisa diparkir di hotel,” ujar Andre Joao Coimbra, petugas di Estadio da Gavea.

Meski tidak ada latihan, banyak pengunjung yang mendatangi Estadio da Gavea. Sebab, museum klub juara lima kali Campeonato Brasileiro Serie A tersebut terletak di Estadio da Gavea. Begitu juga toko merchandise resmi klub.

Berbeda dengan di Caesar Park, jumlah petugas keamanan di Estadio da Gavea ternyata lebih banyak. Di hampir setiap sudut, selalu ada petugas keamanan. Tetapi, mereka tidak agresif dan membiarkan saja orang keluar-masuk area luar stadion. Hanya memantau. (*/c14/tom)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan