Dispangtan Kota Bandung Masih Tunggu 12.500 Dosis Vaksin

BANDUNG – Program vaksinasi bagi hewan peliharaan oleh Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung terus digalakan. Program vaksinasi bagi Hewan Penular Rabies (HPR) dan vaksinasi flu burung kota Bandung ini menunggu hingga jumlah total 12.500 dosis vaksin baru.

drh. Elise Wieke P.K Kepala Seksi Produksi dan Kesehatan Hewan mengatakan vaksin baru tahun 2021 masih menunggu baik dosis vaksin Rabies dan Flu Burung sekaligus menunggu anggaran turun sekaligus dari bantuan vaksin Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Pusat. (20/01/2021)

“Jika tidak ada halangan anggaran akan turun sekitar bulan April hingga Mei 2021 nanti. Namun untuk yang dari APBD dan APBN belum tahu kapan akan turun. Baik vaksin rabies maupun Flu Burung yang baru belum ada, kita masih harus menunggu,” ujar Elise.

Vaksin baru tahun ini yang ditunggu adalah total 12.500 dosis vaksin, masih jumlah yang sama dengan tahun kemarin dengan pembagian 1.500 dosis vaksin Rabies dan 11.000 dosis vaksin Flu Burung.

“Tidak ada penambahan dosis vaksin tahun ini dengan tahun sebelumnya yaitu sebanyak 1.500 dosis vaksin rabies dan 11.000 dosis vaksin flu burung,” sambung Elise.

Elise juga mengatakan penggunaan selama ini selalu cukup bahkan lebih sampai tahun berikutnya. Dan saat ini untuk vaksinasi akan digunakan dari dosis vaksin tahun sebelumnya.

Terkendala masa pandemi, Ir Asep Ruspian Kabid Peternakan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung juga menegaskan pelaksanaan vaksinasi juga akan di batasi sesuai protokol kesehatan termasuk keramaian dan menjaga jarak.

“Biasanya vaksinasi dilakukan secara terjadwal di tiap kelurahan-kelurahan yang berbeda tiap harinya. Sekarang berhubung pandemi covid, kami membatasi kerumunan dengan tidak diadakan dulu vaksinasi ke kelurahan-kelurahan namun bisa langsung datang ke kantor Jalan Arjuna atau Klinik Hewan Pelindung Hewan pada hari kerja pukul 09.00-12.00 dengan membawa KTP,” terangnya. (Mg6/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan