WNI dari Wuhan China Tiba, Masyarakat  Diminta Jangan Panik

Sebelumnya, Keputusan untuk melakukan evakuasi tersebut sebelumnya telah diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo kepada jajaran terkait pada Kamis 30 Januari 2020.

“Kemarin sore sudah kita putuskan dalam rapat terbatas bahwa saya sudah perintahkan untuk segera mengevakuasi WNI yang ada di Wuhan dan sekitarnya,” kata Jokowi, dikutip keterangan resmi, Jumat (31/1).

“Ini dikoordinir oleh Menteri Luar Negeri bersama seluruh menteri terkait,” jelasnya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Cina, akan transit terlebih dahulu di Natuna, Kepulauan Riau. Mereka akan menjalani protokol kesehatan dalam jangka waktu tertentu, sebelum diperbolehkan bertemu keluarga masing-masing.

“Lokasi yang terpilih adalah Natuna,” ujar Hadi dalam konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu, (1/2).

Menurut Hadi, terdapat sejumlah pertimbangan dipilihnya Natuna, yakni pangkalan militer Natuna memiliki fasilitas rumah sakit yang mumpuni dengan kapasitas 300 orang. Tempat itu juga cukup jauh dari permukiman warga. Jarak pangkalan militer dengan permukiman warga sekitar enam kilometer.

“Jarak dari hanggar itu sendiri sampai ke tempat penduduk kurang lebih 5-6 kilometer. Ada dermaga juga di sana, jaraknya enam kilometer. Hasil penilaian itu, Natuna memiliki syarat untuk menjalani protokoler kesehatan,” ujar Hadi. (fin/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan