Tujuh Petahana Maju, Pemprov Jabar Siapkan Pj

BANDUNG – Tujuh kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020 di Jabar akan diisi oleh pejabat eselon II. Secara resmi Pemprov Jabar telah menyerahkan nama ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Setda Jabar Dodit Ardian Pancapana mengatakan, dokumen daftar nama calon penjabat tersebut telah diserahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Nama-nama itu diajukan untuk menjadi penjabat di 7 daerah yakni Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran dan Kota Depok.

Sementara di Kabupaten Bandung tidak diusulkan adanya penjabat karena tak ada petahana yang maju dalam Pilkada Serentak 2020.

“Sekarang kita masih menunggu, Pak Gubernur sudah menyampaikan ke Kemendagri, nanti Kemendagri yang akan menentukan,” kata Dodit saat ditemui di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (18/9).

Dodit mengatakan untuk setiap daerah yang menggelar Pilkada, masing-masing disodorkan tiga nama. Sehingga ada 21 nama calon yang diajukan ke Kemendagri. “Ya hanya 21, karena satu daerah (Kabupaten Bandung), kepala daerahnya tidak mencalonkan maju di Pilkada,” kata Dodit.

Terkait kapan nama penjabat sementara kepala daerah akan diumumkan, Dodit mengatakan, hal itu akan dilakukan begitu kampanye dilakukan atau pada 26 September 2020 mendatang. “Begitu kampanye itu sudah siap, berarti sekitar minggu depan,” ujarnya.

Delapan daerah yang menggelar Pilkada itu yaitu Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Bandung, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

Dari 25 pasangan yang mendaftarkan, delapan calon di antaranya merupakan petahana. Tercatat petahana maju kembali di Kabupaten Pangandaran, Sukabumi, Karawang, Cianjur, Tasik dan Kota Depok.

Tak semua petahana maju kembali dengan pasangan yang sama pada saat Pilkada sebelumnya, seperti duel petahana di Kabupaten Karawang. Cellica Nurrachdiana akan berhadapan dengan wakilnya, Ahmad Zamakhsyari yang maju bersama Yusni Rinzani.

Begitu pun dengan Kota Depok, Mohammad Idris akan berhadapan dengan Pradi Supriatna yang merupakan pasangannya pada pilkada sebelumnya. (bbs/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan