Dorong Perekonomian Melalui Kemajuan Produk UKM

SOREANG – Kabupaten Bandung dengan jumlah penduduk sekitar 3,7 juta orang, memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. selain itu, potensi produk juga dimiliki karena banyaknya masyarakat inovasi ciptakan usaha kecil menengah (UKM). Sehingga, butuh program khusus agar berkembang dan ekonomi masyarakat meningkat.

Hal tersebut dikatakan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Dadang Supriatna, menurutnya, Kabupaten Bandung memiliki potensi berbagai hal, diantaranya di sektor pertanian, SDM, UKM dan peternakan.

Oleh karena itu, kata Dadang, pihaknya melakukan berbagai macam cara agar semuanya bisa bangkit dengan meningkatkan daya beli. Selain itu, dengan memberikan modal usaha diyakini bisa meningkatkan produksi pelaku usaha kecil.

” Beberapa pelaku UKM telah maju, akan menjadi percontohan. Seperti UKM Cibogo bisa membuat sepeda dari bahan baku hingga menjadi produk yang bisa dipasarkan ke luar negeri dan memanfaatkan media online. Itu adalah bukti dari kreativitas masyarakat,” kata Dadang saat di wawancara, Minggu (2/7).

DS sapaan Akrab Dadang Supriatna, menjelaskan, UKM tersebut bisa dijadikan peluang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Caranya tentu dengan membantu pemasaran produk sepeda itu agar lebih dikenal. ”Maka UKM tersebut akan lebih berkembang,” katanya.

Disinggung terkait berapa UKM yang dibinanya, Dadang pun mengaku, saat ini pihaknya telah membina 50 UKM dari kabupaten Bandung, diantaranya UKM pembuatan pembakaran sampah. ”Kita telah membina UKM pembuatan pembakaran sampah. UKM ini sudah berjalan beberapa tahun kebelakang hingga saat ini,” akunya.

Sementara itu, Pengusaha SPBU dan Apoteker asal Kabupaten Bandung, Yena Ma’soem mengatakan, sejumlah kecamatan di kabupaten Bandung ini memiliki produk yang kuat untuk membangun UKMnya, namun yang jadi masalah adalah para penggiat UKM ini sering merasa bingung dalam memasarkan produknya.

”Oleh karena itu, keterlibatan dan kebijakan dari pemerintah harus ada. Pemerintah harus bisa menciptakan rangkaian dari proses usaha, yaitu dari mulai proses produksi hingga pemasarannya. Jadi, pasar inilah yang harus diciptakan oleh seorang pemerintah agar produk yang dihasilkan oleh UKM bisa diserap dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, pihak pemerintah harus bisa mengkolaborasikan potensi yang ada dengan membantu memasarkan produk UKM dan mempromosikan produk tersebut kepada daerah lain. Selain itu, pemerintah bisa mensinergikan pengiat UKM dengan penggiat pariwisata.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan