Catat Waktunya! Mulai Besok, Lima Jalan Protokol di Bandung Ditutup

BANDUNG –  Meningkatnya penyebaran Covid-19 di Kota Bandung membuat Pemerintah Kota Bandung kembali menerapkan penutupan jala-jalan protokol.

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Muhammad Rano Hadiyanto mengatakan, ada lima ruas jalan yang nanti akan ditutup.

Secara teknis penutupan akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB Sampai dengan Pukul 11,00 WIB. Kemudian pada malam harinya pada pukul 22.00 WIB sampai 06.00 WIB.

’’Ini sebagai bentuk merupakan upaya untuk kembali engingatkan masyarakat bahwa virus korona masih ada,’’katanya kepada waratwan, Rabu, (17/9)

Dia menuturkan, sebagai persiapan pada pukul 21:00 WIB nanti malam pihaknya masih memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk akses pulang dari tempat kerja masing-masing.

Kendati begitu, penutupan ini masih bersifat fleksibel. Artinya, jika ada warga yang memiliki kepentingan mendesak atau bekerja di tempat jalan yang di tutup maka masih dipersilahkan.

“Jadi warga tinggal menunjukan identitas pada petugas itu akan dilakukan buka tutup, di luar itu tidak bisa hanya 2 jam saja,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan, penutupan lima ruas jalan pada pagi dan malam hari bertujuan untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat. Baik yang menggunakan roda dua maupun empat.

“Memang kita batasi selama pagi ini dari jam 09:00 WIB sampai 11:00 WIB, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan yang menggangu ketertiban lalul lintas,’’kata dia.

Dia beralasan dipilinya waktu itu dikarenakan mobilitas warga sedang tinggi. Sehingga, menimbulkan ketidaktertiban, ketidaklancaran arus lalu lintas.

Lima ruas jalan tersebut meliputi jalan Asia Afrika-Tamblong,  Persimpangan Otista-Suniaraja, Jalan Purnawarman-Riau, Merdeka-Riau, dan Merdeka- Aceh.

Selain itu, Ricky menegaskan tidak akan ada sanksi yang diterapkan selama penutupan kelima ruas jalan tersebut. Sebab, se4suai arahan petugas yang berjaga harus fleksibel.

’’Paling nanti petugas kita coba menanyakan aktivitas mereka itu menggunakan fersil di jalan tersebut kita buka nanti,” ucap Ricky.

Penutupan jalan akan dimulai pada Jumat, 18 September 2020 selama 14 hari kedepan. Sedangkan untuk petugas yang dikerahkan di setiap titik akan ditempatkan 2 sampai 3 personil gabungan.

’’Jadi alasan ditutupnya lima ruas jalan itu merupakan jalur menuju pusat keramaian sehingga persentatif untuk mewakili dari pada keseluruhan Kota Bandung. (mg7/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan