Unpad Siap Gelar Hackathon

JATINANGOR – Universitas Padjajaran bekerjasama dengan The NextDev Telkomsel akan menggelar Hackathon perdana untuk memunculkan inovasi bagi pengembangan mahasiswa dan karier.

Bertajuk Respectacular Unpad Hackathon Weekend, ajang kolaboratif bagi para pelaku teknologi digital dan developer aplikasi ini akan diadakan pada Jumat-Sabtu atau 22-23 Maret 2019 di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang. Sementara untuk pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 Februari hingga 15 Maret 2019 melalui form registrasi http://bit.ly/UNPADrespectacular.

Kepala Kantor Komunikasi Publik, Syauqy Lukman mengatakan, pagelaran mengusung tema ‘Innovations in Career Development’, Unpad Hackathon Weekend lahir dari kebutuhan dunia akademis akan pengembangan mahasiswa dan karier dalam jangka panjang.

”Dalam kondisi dunia yang dipenuhi perubahan setiap waktunya, karir profesional harus dibangun dalam jangka panjang, dan setiap mahasiswa serta alumni dapat memainkan peran aktif dalam jalur karir masing-masing serta dapat memberikan kontribusi positif kepada institusi almamaternya,” kata Syauqy melalui siaran pers yang diterima Jabar Ekspres.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan suatu media yang dapat mengakomodir semua kebutuhan agar inovasi dalam pengembangan karir dapat terwujudkan. Dan untuk menjawab kebutuhan tersebut dalam hackathon kali ini para peserta ditantang untuk berkolaborasi membuat produk digital baru yang dapat menjadi solusi inovatif di bidang pengembangan karir.

”Dengan menghadirkan aplikasi yang dapat memberikan kualitas dan manfaat yang nyata bagi masyarakat akademis, Unpad dan The NextDev Telkomsel berharap hackathon ini dapat memajukan sektor pendidikan di Indonesia,” bebernya.

Syauqy mengungkapkan, dalam acara yang akan dilaksanakan selama dua hari tersebut, pada hari pertama, 100 peserta dengan berbagai keahlian akan dibagi menjadi 10 kelompok agar tercipta kolaborasi yang sinergis dalam membangun produk digital dari nol hingga tahap prototype atau minimum viable product (MVP).

”Selama kegiatan hackathon berlangsung, peserta akan mendapatkan pengajaran, bimbingan, dan konsultasi dengan beberapa mentor ahli di industri kreatif digital, seperti Chief Product Officer Kitabisa.com Vikra Ijas, CEO iGrow Andreas Senjaya, dan Kejora Ventures Investment Officer Emil Reven,” ungkapnya.

Sementara itu, pada hari kedua, setiap kelompok akan mempresentasikan prototype atau MVP yang mereka ciptakan kepada dewan juri yang terdiri dari mentor-mentor ahli tersebut, serta perwakilan manajemen Unpad dan Telkomsel.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan