Ratusan Warga Daftar Seleksi Pelatihan Kerja

CIMAHI – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi mencatat sejauh ini sudah ada 208 pencari kerja yang mendaftarkan diri dalam seleksi Pelatihan Kerja dan Sertifikasi 2019.

Program tersebut merupakan inisiasi dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) yang bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPPLK)

Pendaftaran sendiri sudah dibuka sejak 22 Agustus dan akan berakhir pada 6 September mendatang. Pendaftaran dilakukan secara online melalui bit.do/pelatihan_disnaker_cimahi atau via email [email protected].

”Yang sudah daftar online 208 orang. Hampir semuanya dari Cimahi. Paling sekitar 5 persen yang dari luar Cimahi,” terang Sekretris Disnakertrans Kota Cimahi, Asep Herman saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Selasa (3/9).

Selain mendaftar secara online, para pendaftar juga harus menyerahkan sejumlah persyaratan fisik secara langsung. Di antaranya fotocopy ijazah yang dilegalisir, fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan sebagainya. Maksimal pengumpulan syarat ditetapkan 6 September 2019.

”Yang sudah menyerahkan berkas fisik baru 51 orang. Kalau tidak menyerahkan berkas fisik dianggap gak jadi,” tegas Asep.

Setelah proses pendaftaran dan pemberkasan, lanjutnya, akan dilaksanakan tahapan seleksi dan wawancara yang akan berlangsung 11 September mendatang di Gedung Technopark Cimahi.

Pelaksanaan tes akan dipantau langsung Balai Besar Pengembangan dan Pelatihan Kerja (BBPLK) pada Kemenaker RI. Disnakertrans Kota Cimahi hanya sebagai fasilitator baik dari pendaftaran sampai penyediaan lokasi seleksi nanti.

”Nanti yang berhak menentukan dan mengumumkan lulus nanti itu dari Kemenaker dan BBPLK. Pengumuman hasil seleksinya nanti tanggal 22 September,” jelasnya.

Selanjutnya, para pencari kerja yang lolos seleksi akan diikutkan dalam pelatihan atau dikandangkan di BBPLK Bekasi, Jawa Barat selama sebulan lebih. Hasil pelatihan nanti akan menentukan apakah mereka laik atau tidak untuk mendapatkan sertifikat Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP).

”Kalau dia kompeten, nanti akan diberikan sertifikat BNSP,” ucapnya.

Dia melanjutkan, Kota Cimahi sendiri mendapatkan tiga skema pelatihan yakni tentang Design Grafis, Mobile Programming dan Teknisi Telepon Seluler. Mereka yang lolos akan mengikuti pelatihan tiga keahlian itu secara gratis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan