oleh

Model Pembelajaran Berbasis STEM dan Revolusi Industri 4.0

DINAS Pendidikan kota Bandung saat ini mulai meng­gagas model pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM) yang diproyeksikan sebagai salah satu upaya un­tuk merevolusi pembelajaran masa depan di Kota Bandung. Seperti yang diungkapkan oleh Kasi PPSMP Disdik Kota Bandung (Bambang Ariyanto) beberapa waktu yang lalu (Jabar Express, 6/8/2018), tujuan dari pengembangan model pembelajaran ini ada­lah untuk menyiapkan pe­serta didik agar memiliki kemampuan yang menunjang kehidupan di abad 21 [1]. Selain di Bandung, model pembe­lajaran berbasis STEM juga telah mulai dikembangkan di beberapa daerah lain di In­donesia, seperti Jakarta dan Sumatera Selatan [2].

STEM saat ini tengah men­jadi isu penting dalam dunia pendidikan. Pendekatan STEM pada dasarnya mengintegra­sikan empat komponen ya­kni sains, teknologi, enjinering dan matematika ke dalam proses pembelajaran. Jika dahulu keempat komponen tersebut dipahami sebagai hal yang berbeda dan terpisah, maka sekarang komponen tersebut dintegrasikan seba­gai satu kesatuan yang saling terkait untuk menciptakan sebuah sistem pembelajaran aktif dan aplikatif berbasis problem solving.

Sebelum populer di Indo­nesia, pendekatan STEM se­benarnya telah diimplemen­tasikan terlebih dahulu oleh beberapa negara. Amerika Serikat sebagai pelopor pen­dekatan ini merupakan ne­gara pertama yang menerap­kan pendekatan STEM dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Diyakini berhasil dan membawa dampak positif dalam pembelajaran, STEM kemudian diadopsi oleh se­jumlah negara di Asia maupun Eropa, misalnya di Taiwan, Malaysia, Tiongkok, Finlandia dan Australia. Selama kurang lebih 3 tahun, STEM telah dikembangkan oleh negara-negara tersebut dan semakin signifikan di tahun-tahun terakhir.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 komentar

  1. Pagi Pak/Mas

    Jika diizinkan, saya mohon bantuan untuk informasi sekolah sekolah dasar di Bandung khususnya kab. Cianjur yang sudah menerapkan pembelajaran STEM ini?

    Terimakasih