Harus Waspada Di Babak Kedua

BARCELONA – Musim ini cuma dua klub yang sanggup menjungkalkan Barcelona. Pertama rival besarnya, Real Madrid, di ajang Piala Supercopa Spanyol. Kedua klub sekota Barca, Espanyol, di kancah Copa del Rey.

Espanyol menang 1-0 di Stadion Cornella-El Prat Kamis (18/1) lalu pada laga bertajuk Derbi Barceloni itu. Beban Periquitos buat mempertahankan agregat kemenangan itu akan sangat berat jelang pertemuan kedua babak perempat final Copa del Rey dini hari nanti (26/1) di Camp Nou.

Nah, kalau ingin Espanyol ingin menjaga mimpi lolos ke semifinal Copa del Rey Marca kemarin (24/1) memberikan tips buat anak asuh Quique Sanchez Flores. Lebih berkonsentrasilah pada babak kedua.

Masukan Marca ini berdasarkan statistik betapa mengerikannya Barca di 45 menit kedua. Dari 81 gol Barca di semua ajang musim ini, 55 gol diantaranya tercipta pada babak kedua.

Kalau lebih dibeberkan, menit 46-60 adalah masa paling subur Barca. Dari 55 gol di babak kedua, 19 gol tercipta periode 46-60 menit

Contoh paling dekat adalah dua kemenangan Barca terakhir di ajang La Liga, yakni lawan Real Sociedad (15/1) di Stadion Anoeta serta versus Real Betis di Stadion Benito Villamarin (22/1), Lionel Messi dkk baru ‘menggila’ di babak kedua.

Misal ketika lawan Sociedad, sampai turun minum Barca tertinggal 1-2. Bayang-bayang gagal menang di Anoeta yang sudah berlangsung di La Liga musim 2006-2007 terlihat akan tambah lama.

Tapi kemudian duo predator Barca musim ini, Luis Suarez dan Lionel Messi, secara bergantian membobol gawang Sociedad. Suarez melakukannya di menit ke-50 dan 71. Sedang Messi berkontribusi satu gol (85′).  Akhirnya dari tertinggal 1-2 di babak pertama, Barca balik menang 4-2 di akhir pertandingan.

Pun demikian ketika Blaugrana bermain di Stadion Benito Villamarin Senin (22/1) lalu. Saat satu poin di depan mata Betis karena hasil imbang tanpa gol di babak pertama, asa itu punah.

Pada 45 menit kedua, gawang Betis langsung diberondong lima gol. Dan pelaku pembobolan itu lagi-lagi Suarez dan Messi. Masing-masing dari keduanya membukukan brace. Satu gol lain disumbangakan Ivan Rakitic.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan