Disertasi Gubernur Bisa Diimplementasikan

BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat berharap disertasi Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang berjudul “Model Keberlanjutan Bisnis di Daerah Aliran Sungai Citarum” bisa diimplementasikan karena dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di DAS Sungai Citarum.

”Iya, pertama saya ucapkan selamat atas gelar doktor Ilmu Manajemen dan predikat cum laude-nya pada Pak Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan. Kita sangat berharap disertasinya bisa diimplementasikan di lapangan nanti karena sangat baik dan aplikatif,” tutur Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari ke Jabar Ekspres di Bandung, Kamis (10/5).

Lebih lanjut Ineu menjelaskan, dirinya menilai disertasi tersebut dinilainya sangat baik, karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi dan strategi bersaing perusahaan di DAS Citarum terhadap nilai air Sungai Citarum serta implikasinya terhadap kinerja keberlanjutan perusahaan di DAS Citarum.

”Dari hasil penelitian tersebut sebagaimana disampaikan Pak Aher, menunjukkan kinerja keberlanjutan pada DAS Citarum itu hanya bisa tercapai apabila industri yang berada di sepanjang DAS Citarum mau menjaga nilai (kualitas) air,” jelasnya.

Terutamanya terang dia, poin dalam disertasi tersebut dikatakan, kualitas atau nilai air akan terjaga dengan ketegasan para pihak khususnya setelah adanya regulasi. Hal inilah salah satu upaya yang harus dilakukan para pihak dalam program Sungai Citarum agar kembali baik.

Senada disampaikan Ketua Komisi I dari Fraksi Partai Gerindra, Syahrir. Dia menambahkan, selain mengapreasi atas gelar doktor pada Ilmu Manajemen dan nilai cum laudenya, dia berharap hasil penelitiannya dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat.

”Alhamdulilah Pak Aher sudah bergeral doktor dengan judul disertasinya Model Keberlanjutan Bisnis di Daerah Aliran Sungai Citarum,” katanya.

Selain hasil penelitian yang dinilai banyak pihak sangat baik, dirinya pun percaya atas hasil penelitiannya yang apabila diimplementasikan dengan program Sungai Citarum saat ini akan menunjukkan perubahan pada Sungai Citarum.

”Harapannya tentu, Kita berharap disertasi bisa diaplikasikan karena beliau terjun langsung di penelitian ini dan sudah ditunjukkan dalam penelitian salah satu solusi untuk Sungai Citarum mengingat sampai saat ini yang menjadi permasalahan di Sungai Citarum ini salah satunya soal perusahaan nakal yang membuang limbah langung ke sungai,” tutupnya. (mg2/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan