TMMD Jadi Spirit Pembangunan Desa

jabarekspres.com, ARJASARI – Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang digelar semenjak awal april telah menghasilkan beberpa kemajuan pembangunan di Desa.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0609 Letkol Arh. A. Andre Wira Kurniawan,S.AP.,M.Si mengatakan, beberapa kemajuan program melampaui ekspetasi yang ditargetkan.Seperti, pada pembangunan jalan yang menghubungkan antara Desa Arjasari dengan Desa Lebakwangi dan Desa Wargaluyu.

Menurutnya, ratusan prajurit TNI gabungan dari berbagai kesatuan bersama warga bahu membahu untuk menyelesaikan pembangunan jalan tersebut.Sehingga, penyelesaiannya lebih cepat darai rencana semula.

“Saya sangat mengapresiasi semangat prajurit dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.Malah, suasana kebersamaan bersama masyarakat menambah motivasi tersendiri,”jelas Andre ketika ditemui usai penutupan TMMD kemarin (4/3)

Andre memaparkan, suasana ikatan emosional terjalin antara warga dan prajurit TNI manakala banyak warga yang menginginkan agar rumahnya dijadikan tempat menginap bagi prajurit.

Sehingga, suasana keakraban dan saling bahu membahu dalam menyelesaikan pekerjaan pembangunan jalan memiliki sprit perjuangan dan rasa kebersamaan antara TNI dan Rakyat.

Andre menilai, atas terciptanya kondisi tersebut pihaknya merasa bersyukur dan tersanjung dengan penghormatan yang diberikan oleh masyarakat setempat. Dengan begitu, rasa kebersamaan dan saling membantu akan terus terjalin.

Andre menyebutkan, untuk tahun ini TMMD akan dilakukan dalam 3 tahap yaitu ke 98,99 dan ke 100.Sedangkan tempat yang akan ditentukan untuk TMMD selanjutnya akan dipilih daerah yang memiliki fasiltas kurang memadai.

Selain itu, untuk pengerjaan pembangunan di Arjasari sendiri telah berhasil membangun jalan sepanjang 240 meter, tembok penahan tanah 240 meter yang tersebar di beberapa titik. Selain itu, jajaran TNI juga sudah melakukan perbaikan rumah ibadah, Perbaikan dinding sekolah dan pembangunan tempat MCK warga dibeberapa titik.

“Alhamdulillah semuanya bisa terselesaikan berkat bantuan masyarakat dan semangat prajurit dari berbagai kesatuan di Kodam III/Slw,”ucap Andre

Dirinya menuturkan, untuk program TMMD non fisik telah diselenggarakan berbaagai macam kegitan seperti pembekalan wawasan kebangsaan kjepada pemuda desa, pelatihan menjahit untuk Ibu-Ibu dan remaja putri, memberikan bantuan domba ke peternak, penyuluhan keluarga berencana dan pelayanan kesehatan, melaksanakan kebersamaan dengan berolahraga bersama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan