Tanpa Ibra, Blagult Bisa Apa?

Penyerang Zlatan Ibrahimovic adalah personifikasi timnas Swedia. Dalam 15 tahun terakhir Ibra, sapaan Zlatan Ibrahimovic, menjadi tulang punggung Blagult, julukan  Swedia, di pentas sepak bola internasional.

Menuju laga ujicoba versus Turki di Stadion Antalya Arena dini hari nanti (25/3), tactician Swedia Erik Hamren mengambil langkah strategis. Yakni mengistirahatkan Ibra.

Seperti diberitakan ESPN kemarin Hamren menyadari pentingnya kehadiran pemain Paris Saint-German itu. Namun lebih penting lagi melihat Ibra menjebol gawang lawan di Euro 2016 musim panas mendatang.

“Saya memang berencana menjaga Ibra dari segala macam cedera yang bisa terjadi. Saya tak menginginkan hal buruk menimpanya sebelum tampil di Prancis,” ucap pria 58 tahun itu.

Ibra musim ini memang harus banyak ‘istirahat’ menurut Hamren. Setelah memastikan gelar juara bagi PSG dua pekan lalu, Ibra kembali menjadi tumpuan tim ibukota Prancis itu di ajang Liga Champions. PSG melaju ke perempat final dan bersua Manchester City.

“Ibra menerima tawaran saya untuk absen di laga lawan Turki kali ini. Ibra akan bersama tim ketika melawan Republik Ceko 29 Maret mendatang,” jelas Hamren.

Bisa apa Swedia tanpa Ibra menghadapi Turki? Hamren menjajal menduetkan John Guidetti dan Marcus Berg di lini depan Swedia. Dalam tujuh kali pertemuan Swedia versus Turki, didominasi hasil imbang. Turki menang dua kali, Swedia sekali, dan empat kali seri.

Guidetti dan Berg memang bukan kombinasu terbaik Swedia dalam membobol gawang lawan. Total gol keduanya buat Swedia hanya sembilan gol. Tak sepadan dengan Ibra yang sudah 62 gol sejak 2001 lalu bersama Swedia.

“Kami berada di grup E Euro 2016 mendatang, grup maut yang diisi Italia, Belgia, dan Irlandia. Kami akan mencoba semua hal agar bisa menghadang mereka,” ujar Hamren.

Di sisi lain, tactician Turki Fatih Terim seperti diberitakan Hurriyet menaruh waspada kepada lini gedor Swedia. Sekalipun tanpa Ibra, Swedia juga kokoh sebagai satu unit.

Kapten dan gelandang Turki Arda Turan akan menjadi motor buat timnya. Turan akan saling bantu dengan gelandang Borussia Dortmund Nuri Sahin di lini tengah.

Tinggalkan Balasan