Komitmen Menuju Kecamatan Sehat

bandungekspres.co.id, LENGKONG – Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan trias UKSnya adalah segala usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak sekolah. Secara umum, UKS bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik.

Selain itu, juga menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia berkualitas.

Camat Lengkong TB. Agus Mulyadi mengatakan, bila merujuk WHO hidup sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan kesehatan jiwa adalah keadaan yang memungkinkan perkembangan fisik, mental, intelektual, emosional, dan sosial yang optimal dari seseorang.

Dalam Undang-undang Kesehatan Nomor 36 tahun 2009 dikatakan bahwa Kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehngga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan setinggi-tingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Jadi jelas bahwa peserta didik memiliki hak untuk hidup sehat, sehingga perlu upaya ke arah ini dengan mengoptimalkan kegiatan yang seharusnya dilaksanakan oleh UKS.

”Untuk meningkatkan taraf kesehatan sekolah tidak hanya anak didik, tetapi lingkungan sekolah serta seluruh warga sekolah harus aktif di setiap jenjang pendidikan baik mulai TK/RA sampai SMK/SMA/MA. Karena tim pembina UKS di Kecamatan Lengkong berfungsi sebagai pembina, penanggung jawab dan pelaksana program UKS di wilayah kerja kecamatan dengan  kegiatan melakukan pembinaan di sekolah-sekolah,” tuturnya kepada wartawan belum lama ini.

Dia menambahkan, tim pembina UKS kecamatan melakukan pembinaan secara berkala kepada semua sekolah yang ada di Kecamatan Lengkong. Setiap sekolah diberikan kesempatan untuk maju mengikuti lomba sekolah sehat dan kegiatan UKSnya setiap tahun secara bergiliran.

”Tim pembina UKS Kecamatan Lengkong patut berbangga dengan prestasi yang diraih sebagai sekretariat TP UKS terbaik di Kota Bandung selama 2 tahun berturut-turut yaitu tahuan 2014 dan tahuan 2015 dengan menerima penghargaan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia,” katanya.

Tinggalkan Balasan