Hasil MotoGP Jerez: Garang! Rossi Pecundangi Semua Rider Spanyol

bandungekspres.co.id – Valentino Rossi sukses memenangi MotoGP Spanyol yang digeber di Sirkuit Jerez, Minggu (24/4). The Doctor sukses merebut gelar juara untuk pertama kali pada musim ini.

Dalam balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu malam (24/4), Kemenangan ini sekaligus menghapus dahaga gelar Rossi di MotoGP Spanyol. Pasalnya, terakhir kali pembalap berusia 37 tahun itu merebut podium pertama di Sitkuit Jerez adalah pada 2009 silam.

Keperkasaan Rossi di balapan kali ini sudah terlihat sejak awal lomba. Rossi yang start di posisi terdepan mampu melesat meninggalkan para pesaingnya.

Akan tetapi, rekan setim sekaligus rival Rossi asal Spanyol, Jorge Lorenzo, yang start dari posisi kedua, terus menguntit sepanjang lomba.

Persaingan justru terlihat dalam perebutan posisi ketiga. Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, yang start dari urutan ketujuh mampu melesat hingga sempat menyalip rekan setimnya, Marc Marquez.

Hingga 26 lap tersisa, Rossi masih terus memimpin dengan jarak yang cukup jauh dari Lorenzo. Sementara, Pedrosa dan Marquez terus berduel demi memperebutkan posisi ketiga.

Namun, Marquez akhirnya sanggup kembali merebut posisi ketiga usai melewati Pedrosa pada 25 lap tersisa. Selepas itu, Marquez pun coba mengejar Lorenzo demi posisi kedua.

Rossi mampu meraih catatan lap tercepat 1:40.090 dan terus melesat meninggalkan Lorenzo serta Marquez. Bahkan, hingga 23 lap terakhir, jarap Rossi dan Lorenzo mencapai 0.689 detik.

Saat balapan menyisakan 10 lap terakhir, Rossi sudah terlihat akan memenangi lomba. Jaraknya dengan Lorenzo dan Marquez sudah semakin jauh, hingga 2.169 detik. Malahan, lima lap terakhir jarak kian melebar menjadi 3.386 detik.

Pada akhirnya, Rossi dengan leluasa finis terdepan sekaligus merebut gelar pertamanya pada musim ini. Bagi Rossi, ini menjadi kemenangan ketujuh di Jerez dalam kelas MotoGP dan GP 500cc, dan kesembilan di semua kelas Grand Prix. Rossi juga mencatat podium ke-177 sepanjang karier di MotoGP.

“Saya rasa ini akhir pekan yang sangat sempurna. Motor saya sangat fantastis, terima kasih kepada Yamaha, terutama kepada kru. Saya bisa memiliki kecepatan yang baik,” ujar Rossi seusai balapan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan