Emil Disukai Jakarta

[tie_list type=”minus”]Pertarungan di Internal Gerindra Bakal Panas[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Wali Kota Bandung Ridwan Kamil semakin kukuh sebagai kandidat kuat calon gubernur (cagub) DKI Jakarta. Dia bahkan mengungguli Gubernur DKI Basuki T. Purnama dalam tingkat kesukaan pemilih terhadap cagub. Hal itu diketahui berdasar survei terbaru yang dirilis Centre for Strategic International Studies (CSIS) baru-baru ini.

Survei tersebut memberikan fakta baru dalam dunia politik ibu kota. Sebab, dalam beberapa survei sebelumnya, Ahok –sapaan Basuki T. Purnama– seakan tak tergoyahkan dalam bursa cagub DKI. Termasuk oleh Ridwan Kamil dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang setia membuntuti.

Menurut survei CSIS, tingkat kesukaan warga kepada Ridwan Kamil mencapai 85,02 persen, sedangkan Ahok harus puas dengan 71,39 persen (selengkapnya lihat grafis).

Meski begitu, pria yang akrab disapa Emil itu tidak bisa bernapas lega. Sebab, dari segi popularitas, Ahok unggul jauh. Tingkat popularitas mantan bupati Belitung Timur tersebut mencapai 94 persen. Disusul politikus Partai Golkar Tantowi Yahya (81 persen) dan Emil (71,25 persen). Sementara itu, Abraham Lulung Lunggana, politikus PPP yang disebut-sebut akan maju dalam pilgub mendatang, hanya memperoleh 69,25 persen.

’’Hingga kini, belum ada tokoh yang namanya sudah melekat dalam ingatan publik sebagai cagub selain Ahok,’’ tegas peneliti CSIS Arya Fernandez kemarin.

Menurut Fernandez, banyak faktor yang membuat Ahok masih kuat sebagai kandidat peraih kursi orang nomor satu di DKI. Di antaranya, kepuasan dan kepercayaan masyarakat yang masih tinggi. Selain itu, warga ibu kota mendukung kebijakan Ahok yang populer. Bahkan, dukungan untuk mantan politikus Golkar dan Gerindra tersebut datang dari basis pemilih di partai-partai besar. ’’Pemilih yang puas terhadap petahana cenderung akan memilih dia (Ahok, Red),’’ terangnya.

Dengan catatan-catatan itu, Ahok dan Emil layak menjadi kandidat kuat cagub DKI. Apalagi, kata Fernandez, keduanya masih berada di level yang sama. Dengan demikian, Emil diprediksi menjadi pesaing serius bagi Ahok. ’’Potensi Emil cukup bagus,’’ tuturnya.

Dihubungi terpisah, Anggawira, ketua tim pemenangan Sandiaga Uno menegaskan bahwa pihaknya tidak terpengaruh oleh hasil survei CSIS tersebut. Alasannya, warga Jakarta merupakan pemilih rasional yang menilai calon pemimpin berdasar kinerja. Dia optimistis Sandiaga memiliki basis kuat di kalangan anak muda ibu kota. Apalagi dia dikenal sebagai motivator yang mampu menginspirasi anak-anak muda untuk berkarya guna membangun DKI dan Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan