BPS Cimahi Latih 1.107 Petugas Sensus

bandungekspres.co.id – Badan Pusat Statistik bakal melaksanakan sensus ekonomi yang diselenggarakan serentak di Indonesia pada 1 sampai 31 Mei 2016. Sensus dilakukan dalam mendapatkan potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Kepala seksi statistik distribusi BPS Kota Cimahi Deni Riyadi mengatakan, dalam sensus tersebut dilakukan pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian).”Sensus yang diharapkan dapat menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur sektor ekonomi non pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya dan juga akan diketahui daya saing bisnis di Indonesia,serta penyediaan kebutuhan informasi usaha, ” katanya, di Kantor BPS Kota Cimahi, Jalan Encep Kartawirya, Senin (28/3) kemarin.

Menurunya, untuk pelaksanaan sensus ekonomi 2016, BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Cimahi mulai mempersiapkan para petugas yang berjumlah 1107 orang, saat ini mereka sedang dilatih oleh BPS Kota Cimahi. Proses pelatihan yang dilaksanakan dari tanggal 20 maret sampai 22 april atau sebanyak lima gelombang dengan lima hari per gelombang untuk PCL (Pencacah Lapangan) dan lima hari terakhir untuk PNL (Pengawal Lapangan )di laksanakan di hotel Endah Parahiyangan jalan Amir Mahmud Cibeureum Cimahi. ”BPS Kota Cimahi sedang melaksanakan pelatihan bagi 1107 orang petugas,dimana dalam pelatihan tersebut mereka dibekali instrumen – instrumen untuk kegiatan teknik mengenai konsep definitip,konsep pencacahannya seperti apa,kemudian nanti kita drop dokumen-dokumennya,”jelasnya.

Para petugas yang terdiri dari masyarakat umum dan diambil dari masyarakat Kota Cimahi pada pelaksanaannya satu PNL yang membawahi tiga PCL akan bertugas di dua sampai tiga RT (Rukun Tetangga ) dan para petugas tersebut rata -rata bertugas didaerahnya masing-masing.

Dikatakan Deni dalam pelaksanaan SE tersebut, pihaknya meibatkan warga masyarakat di lingkungan RW masing-masing, karena mereka lebih mengetahui secara jelas tentang kondisi di wilayahnya masing-masing. ”Kami  berharap dengan pelatihan ini, warga yang suah dilatih akan lebih paham dalam melakanakan tugasnya di lapangan, sekalgus kami memberdayakan warga Kota Cimahi untuk ikut berperan serta dalam pembangunan,khususnya pelakasanaan  sensus ini,” paparnya, (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan