oleh

Aturan Pangkas PNS Terbit seusai Lebaran

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tengah menggodok draf pemangkasan jumlah pegawai negeri sipil (PNS). Aturan teknis perampingan tersebut ditargetkan terbit seusai Lebaran.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman menuturkan, regulasi pemangkasan jumlah PNS itu diatur dalam peraturan menteri.

Dia menambahkan, secara nasional, jumlah PNS sudah terlalu banyak. Dia berharap Juli aturan teknis itu bisa segera disosialisasikan ke seluruh Indonesia. Selanjutnya, pemangkasan jumlah PNS ditargetkan mulai berjalan Maret 2017.

”Jelas ada kriteria-kriteria dalam penyesuaian jumlah PNS ini. Tetapi, saya belum bisa memaparkan detailnya,” tutur Herman.

Kebijakan pemangkasan jumlah PNS itu berawal dari analisis jumlah PNS di Indonesia. Saat perbandingan jumlah PNS dan total populasi masyarakat dihitung, ketemu angka 1,77 persen.

Sementara itu, analisis Kementerian PAN-RB, rasio ideal jumlah PNS dengan populasi masyarakat adalah 1,5 persen. Dari dasar itulah, jumlah PNS yang mencapai 4,5 juta orang dinilai terlalu banyak.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja menuturkan, ada sejumlah skenario yang digunakan untuk kriteria pemangkasan PNS. Di antaranya, mempertimbangkan usia PNS yang saat ini masih bekerja.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.