Venue Gantole Mulai Dibangun

[tie_list type=”minus”]Sudah Berjalan Dua Pekan Terakhir[/tie_list]

CIHAMPELAS – Pembangunan vanue untuk menghadapi PON XIX 2016 dari cabang olahraga gantole mulai dilaksanakan. Bahkan pembangunan sudah dilaksanakan pada sejak dua minggu yang lalu di Kampung Cihurang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas.

Dari pantauan, pembangunan gantole telah rampung sekitar 30 persen. Dalam pelaksanaannya, kontraktor pembangunan untuk landasan berbeda dengan kontraktor bangunan juri dan peserta. Menurut pemimpin proyek pembangunan landasan, Ade Wahyudin dari CV Tiga Saudara menuturkan, landasan gantole yang menghadap ke arah utara mengharuskan adanya pemindahan jalan ke sisi selatan. Termasuk lahan parkir, landasan tersebut seluas sekitar 2.000 meter persegi.

”Nilai kontraknya sekitar Rp 500 juta, kami membangun paving block untuk landasan dan tempat parkir. Kami juga akan membangun toilet umum. Untuk landasan, menurut warga, ada sedikit lahan yang belum dibebaskan,” ucapnya kepada Bandung Ekspres, kemarin (4/9)

Menurutnya, proyek pembangunan gedung dalam kontrak bernilai Rp 1,4 miliar. Pembangunan gedung tersebut diantaranya, ruang bagi atlet dan juri. Gedung dibangun sebanyak dua lantai, beserta toiletnya. ”Bangunan utamanya berukuran 15 kali 18 meter, ditambah teras jadi berukuran 21 kali 18 meter. Ada dua lantai bangunan,” tuturnya.

Menurut dia, pembangunan di atas bukit terbilang cukup sulit, karena terdapat sejumlah kendala seperti akses jalan yang jelek dan tidak ada tempat pengambilan air. Untuk mencari air di area pembangunan diakui olehnya sangat susah. Selama pembanguna ini dirinya sudah habis hampir Rp 5 juta untuk membeli dan mengangkut air ke area pembangunan.

Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Agustina Piryanti mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berupaya menyelesaikan pembangunan sarana dan prasarana dua venue cabang olahraga untuk PON nanti. Dari lima cabor yang dilombakan di Bandung Barat, Pemkab Bandung Barat bertanggung jawab atas pembangunan cabor gantole dan ski air.

”Pelaksanaan PON 2016 di Bandung Barat ada lima cabor, yaitu ski air, berkuda, gantole, sepeda, dan panjat tebing. Akan tetapi, Disdikpora hanya menangani pembangunan sarana dan prasarana untuk gantole dan ski air,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan