Monyet Liar Turun Gunung

 Mencoba Menerkam Saat Akan Ditangkap

CIPARAY – Sejumlah warga di Kampung Barujati, Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, kembali resah. Pasalnya, monyet liar kembali masuk kepemukiman warga.

Keberadaan monyet liar tersebut sudah dilaporkan kepada pemerintah setempat. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada tanda-tanda upaya pemerintah setempat untuk melakukan penangkapan monyet liar tersebut.

‪Monyet liar kembali turun kepemukiman warga, pada Rabu dan Kamis (10-11/3) sekitar pukul 08.00 pagi. Padahal, sebelumnya kawanan monyet tersebut sudah lama tidak muncul. Warga menduga, monyet tersebut masuk ke pemukiman warga untuk mencari makanan.

‪’’Pertama kali monyet turun ke rumah Ujang Sudarmita. Monyet tersebut, mengacak-acak kola lele. Setelah itu, loncat ke rumah milik Ajat,’’ jelas Mus Mustari, 45, warga Barujati RT 03/RW 17, Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay, kepada Soreang Ekspres, kemarin (12/3).

‪Menurutnya, monyet liar tersebut sangat meresahkan warga. Sebab, beberapa kali warga sudah berusaha untuk menangkap namun gagal. ’’Ketika hendak ditangkap, monyet tersebut akan menerkam. Kami khawatir karena di sini banyak anak-anak. Monyet itu sempat dilempari batu supaya menjauh. Bukannya kabur, tapi monyet itu malah mendekat dan turun ke kolam lele milik Ujang,’’ jelas Mustari.

Kondisi ini, kata dia, cukup meresahkan anak-anak dan ibu-ibu di sekitar pemukimaman. Terlebih, di wilayah tersebut dekat dengan lingkungan pendidikan yakni SD dan SMP. ’’Diduga Monyet liar tersebut, berasal dari Gunung Culah yang turun gunung untuk mencari makan. Kami kesulitan menangkap monyet liar itu. Sebab, kami tidak memiliki perlengkapan,’’ jelasnya.

‪Hal senada disampaikan Ustad Okim selaku tokoh masyarakat Desa Pakutandang, Menurutnya, keresehan warga dengan kemunculan monyet liar tersebut, seharusnya dibarengi dengan tindakan tegas dari aparat terkait. Pasalnya, pelaporan adanya monyet liar tersebut sudah disampaikan kepada Pemerintah Desa.

’’Jika monyet tersebut meresahkan, baiknya ditangkap dengan cara ditembak saja. Jangan sampai menunggu adanya korban. Penangkapan harus segera dilakukan, mau pakai cara apa, silahkan secara tekhnisnya ada dari aparat. Yang jelas, keberadaan monyet liar tersebut, sangat meresahkan warga,’’ ucapnya.

Tinggalkan Balasan