Bukan Hanya Menjaga Privasi

Pilihan Pagar Bisa Mendapat Sentuhan Gaya

PAGAR rumah sengaja dibangun untuk menambah keamanan dan kenyamanan para penghuni rumah. Meski begitu, banyak pemilik rumah yang membangun pagar hanya fokus pada pembatasan area privasi dengan orang luar, tanpa memperhatikan segi keindahan dan keselarasan antara pagar dengan desain rumah

Ukuran tinggi pagar rumah ideal juga merupakan keharusan bagi pemilik rumah, yang berencana memiliki atau membangun sebuah pagar pembatas antara area privasi dengan area tetangga.

’’Tinggi pagar pembatas pekarangan yang ideal bisa 1,7-2,5 meter dengan penambahan benda lancip atau tajam seperti paku atau kawat. Sedangkan jika pengganggu pekarangan berupa hewan seperti domba, anjing atau kambing ukuran ideal tinggi pagar minimal adalah 120 cm,’’ ujar Owner Toko pagar besi rumah Muhammad Iskandar, 30, kepada Bandung Ekspres, saat ditemui di kantornya Jalan AH. Nasution Nomor 256 kemarin (30/1).

Dia menambahkan, untuk yang tinggal dilingkungan komplek perumahan yang berkonsep hijau dan asri, ukuran tinggi pagar ideal mungkin setinggi pinggal orang dewasa atau 1-1,2 meter. Itu juga bukan tanpa alasan, karena biasanya orang-orang yang tinggal dikomplek-komplek perumahan cluster biasanya hanya menggunakan pagar sebagai media pembatas lahan saja. Mengingat dari faktor keamanan lingkungan mereka tinggal sudah cukup aman, karena disertai fasilitas keamanan 24 jam.

Para pemilik rumah yang lokasinya sangat dekat sekali dengan jalan raya atau jalan besar, ada baiknya memiliki tinggi pagar ideal rumah dengan minimal tinggi pagar 1.8-2 meter. Ini bertujuan untuk mengurangi kebisingan suara yang muncul dari para pengguna jalan. Baik itu kendaraan bermotor, suara klakson mobil, dan juga suara riuh para pejalan kaki.

Membangun pagar dengan tinggi sekirat 180 cm atau setara dengan tinggi rata-rata orang dewasa, merupakan pilihan yang ideal. Untuk tinggi pagar rumah minimalis sendiri biasanya berukuran 150 cm. Dan bila mempunyai bangunan dengan 2 lantai, maka bisa menambahkan dengan menanam pohon yang tinggi untuk menambah keasrian dan keindahan pekarangan rumah. Misalnya dengan menanam pohon bambu. (mg8/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan