BNN Rangkul Karang Taruna

Bentuk Satgas untuk Perangi Anti Narkoba

bandungekspres.co.id– Langkah Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung untuk mencegah peredaran narkoba semakin masif. Baru-baru ini, BNN mengajak generasi muda melalui karang taruna menjadi pilar dalam menangkal peredaran narkoba. Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Bandung Alfa Harry Perdana S STP mengatakan, pihaknya memang sengaja melakukan pendekatan kepada generasi muda.

’’Melalui kegiatan ini nantinya anggota Karang Taruna Kecamatan ini akan menjadi satgas resmi BNN Kota Bandung,’’ kata Alfa ketika ditemui pada pelatihan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) BNN di Park Hotel, kemarin (17/11).

Menurutnya, melalui pelatihan ini mereka nantinya akan dijadikan satgas. Setelah itu, mereka akan menjadi satgas official BNN yang memiliki tugas tidak hanya membuat kegiatan. Tapi juga turut membantu memberikan informasi kepada BNN.

Alfa menyebut, sebanyak 20 orang peserta hadir dalam kegiatan ini. Mereka perwakilan Karang Taruna dari setiap kecamatan di Kota Bandung. Mereka diberi cara-cara mengenai mengolah TKP, konseling dan membuat proposal. Adapun pelatihan ini dihadiri narasumber kompeten.

Menurut Alfa, sebelumnya BNN pernah mengadakan seminar serupa yang diikuti oleh anggota Karang Taruna. ’’Meskipun yang kita ambil hanya 20 peserta, tapi saya rasa itu sudah cukup mewakili. Sebab, kita tidak tertuju pada kuantitas tapi kualitas,” terang Alfa.

Berdasarkan data yang dimiliki BNN, sekitar 70-80 persen penyalahguna narkoba di Indonesia itu berasal dari remaja atau usia produktif. Jadi, Karang Taruna dirangkul agar nantinya mereka bisa mengajak atau mengimbau teman-teman remajanya untuk tidak menyalahgunakan narkoba.

’’BNN tidak bisa bekerja sendri. Perlu ada bantuan dari seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini BNN bekerjasama dengan Karang taruna. Karang taruna ini diharapkan bisa menggerakan masyarakat dalam rangka P4GN,’’ jelas Alfa.

Dia menuturkan, Setelah kegiatan ini pun akan ada kegiatan yang namanya fasilitasi. Jadi, setiap Karang Taruna Kecamatan ini akan diberi dana stimulan untuk mengadakan kegiatan dalam rangka P4GN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan