Disnakertrans Jabar Gandeng GIZ Germany untuk Wujudkan JMSC

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi (Disnakertrans) Jawa Barat mendorong program Jabar Migrant Service Center (JMSC) makin moncer. Salah satunya dengan menggandeng Germany Development Cooperation (GIZ).

JMSC merupakan konsep dari program Migran Juara yang merupakan program instruksi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Program ini adalah perluasan kesempatan kerja ke luar negeri bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Barat.

Program ini antara lain memuat akselerasi peningkatan kesempatan kerja ke luar negeri melalui peningkatan kompetensi PMI, Sertifikasi Profesi PMI dan peningkatan layanan PMI melalui Migrant Centre yang menyediakan layananan pusat pelatihan bagi Calon PMI, PMI dan Purna PMI, Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Keimigrasian bagi Calon PMI. Termasuk layanan call centre bagi Calon PMI dan PMI.

Demi terwujudnya JMSC tersebut, Disnakertrans Jabar menggandeng Germany Development Cooperation (GIZ) melalui Programme Migration and Diaspora (PMD) bersama Global Academy on Migration and Development (GAMD) & ATIKHA Overseas Workers & Communities Initiative.   

Kepala Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Jawa Barat Jabar, Ade Afriandi, mengatakan, dalam program Training on Mainstreaming Migration in Local Governance yang dilaksanakan pada 10-11 Februari 2020, di Royal Ambarukmo Hotel Yogyakarta ini, GIZ Germany menghadirkan pakar migran internasional dari GAMD dan ATIKHA. Tujuannya, memberikan wawasan, keilmuan dan best practicebagaimana membangun sebuah sistem perlindungan bagi pekerja migran beserta keluarganya. Mulai dari pra-migrasi, migrasi dan purna migrasi.

Selain itu juga diberikan pula strategi menyiapkan kemitraan multi stakeholder kepada para pemangku kepentingan. Tujuannya,  agar memiliki kesamaan tujuan, meskipun berasal dari berbagai instansi atau birokrasi yang berbeda.

Training yang diikuti peserta dari unsur Kementerian, unsur OPD Jabar, Disnakertrans Kabupaten Indramayu, unsur Desa, Migrant Care, APPMI Jabar, BKK, BNP2TKI, APJATI, Koperasi dan  Bank Jabar Banten ini sepakat serta berkomitmen untuk mendukung langkah strategis yang dilakukan oleh Disnakertrans Jabar dalam mewujudkan sebuah sistem perlindungan pekerja migran melalui Jabar Migrant Service Center (JMSC).

Tinggalkan Balasan