Ratusan CPNS Dibekali Karakter Disiplin dan Kenegaraan

NGAMPRAH– Untuk memiliki mental yang kuat dan sikap disiplin, ratusan CPNS dari Kabupaten Cirebon mengikuti pendidikan dan latihan tingkat dasar (Diklatsar) di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi Cikole, Lembang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno menjelaskan, Diklatsar yang dibagi menjadi tiga gelombang berjumlah 454 CPNS. Kegiatan ini untuk mendapatkan bimbingan mengenai kenegaraan dan sikap disiplin serta loyalitas terhadap negara.

ISTIMEWA
FOTO BERSAMA: Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno Bersama Dandodik Belanegara Rindam III Siliwangi Letkol Inf YM Teguh  Edi Pamungkas di Lembang

“ASN harus punya karakter disiplin dan cinta terhadap negara, adapun materi-materinya adalah materi kebangsaan, kepemerintahan, pembangunan karakter, tentunya materi yang lengkap untuk calon CPNS,” katanya, Senin (8/7) di Lembang.

Kendati ini baru pertama kali dilaksanakan, kata dia, diharapkan dapat memberikan warna baru di Pemkab Cirebon, dan bagi yang telah mengikuti Diklatsar ini, akan terus dievaluasi hasilnya oleh Badan Diklat dan SDM Kabupaten Cirebon.

“Badan Diklat dan SDM akan mengevaluasi hasil dari sini, kurangnya apa dan lebihnya apa? Agar mereka sempurna, setidaknya sikap mereka (setelah ikuti diklatsar) akan memberi warna dan mereka calon-calon pemimpin masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandodik Belanegara Rindam III Siliwangi Letkol Inf YM Teguh  Edi Pamungkas mengatakan, kegiatan Diklatsar CPNS Kabupaten Cirebon dilaksanakan selama dua puluh hari dengan materi-materi yang dikolaborasikan antara materi dari Pemkab dan dari Dodik. Menurutnya, kesempatan ini menyiapkan PNS baru untuk membekali mereka dengan karakter building. “Dengan 20 hari kita sudah koordinasi output apa sih yang diinginkan oleh Pemkab Cirebon?
Sementara Pemkab Cirebon menginginkan ASN yang berkarakter, memiliki jiwa pantang menyerah, (untuk materi) kami lebih menyesuaikan program dari pemkab. Kami hanya pembimbingan karakter, sisanya dari internal pemkab,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan serupa seringkali diadakan, namun untuk ASN dari pemerintah daerah baru dari Kabupaten Cirebon. “Kami mendukung pembentukan karakter dan peningkatan loyalitas dan cinta tanah air para ASN baru Kabupaten Cirebon. Kami membuka pintu selebar-lebarnya untuk bermitra dalam pembentukan karakter bela negara,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan