Paparkan Inovasi Kepada Lemhannas RI

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima dan memberikan arahan kepada peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan LIX Tahun 2019 Lemhannas RI di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (1/7).

Dalam pertemuan tersebut, Emil-demikian Ridwan Kamil disapa-memaparkan sejumlah program dan inovasi Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat.

Dia juga menjelaskan bebe­rapa problem Pemdaprov Jawa Barat dan cara penyele­saiannya.

Ketimpangan ekonomi, mis­alnya, diselesaikan dengan sejumlah program yang fokus pada pembangunan desa, se­perti One Village One Com­pany (OVOC) dan Desa Digital. Emil pun menjelaskan program strategis Pemdaprov Jawa Ba­rat di sektor pariwisata.

Nantinya, program dan ino­vasi yang dipaparkan Emil menjadi bahan bagi peserta SSDN Lemhannas RI dalam menyusun rekomendasi un­tuk Presiden RI.

“Saya ceritakan juga proble­matika Jawa Barat, seperti uru­san fiskal tadi. Dibantu oleh Lemhanas untuk lobi Pemerin­tah bahwa fiskal berdasarkan populasi daerah (karena saat ini masih berdasarkan jumlah daerah),” kata Emil.

Selain itu, kata Emil, pihaknya menceritakan sejumlah kon­disi di Jawa Barat, mulai dari ekonomi sampai politik. Men­urutnya, para peserta SSDN Lemhannas RI tertarik dengan isu sosial dan politik di Jawa Barat serta bagaimana cara menyelesaikannya.

“Kedua, menceritakan isu-isu, mereka lebih tertarik dengan isu sosial politik. Ini menandakan dalam sisi po­litik, Jawa Barat menjadi per­bincangan. Tiap lima tahun ganti partai pemenangnya, kemudian juga isu politik identitas,” katanya.

“Tugas saya menihilkan hal-hal negatif dan memaksimal­kan hal-hal positif. Hal-hal positif kebanyakan datang dari ekonomi dan pariwisata,” tutupnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan