Momen Puasa untuk Tingkatkan Kualitas Keimanan

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil laksana­kan salat tarawih perdana di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Ahad (5/5). Dalam Tarawih Keliling (Tarling) tersebut tampak Seketaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat ikut mendampingi gubernur melaksanakan (Tarling).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku, pelaksanaan Tarling merupakan upaya dari Pemerintah Daerah Pro­vinsi (Pemdaprov) Jawa Barat untuk memuliakan bulan Ramadhan dengan cara syiar, silaturahim, dan berbagi.

”Alhamdulillah Allah SWT memberikan nikmat umur kepada kita, hingga kita ber­temu Ramadan, dan melaks­anakan ibadah shaum mulai hari Senin,” ungkap Emil, usai pelaksanaan Tarawih.

Dalam kesempatan itu, Emil mengajak warga Jabar bisa memanfaatkan bulan suci ini untuk meningkatkan kualitas keimanan serta meningkatkan kualitas diri dan kemanusiaan.

”Di bulan suci ini kita aka dilatih kesabaran, pengenda­lian diri dari hawa nafsu yang merusak akhlak, serta beru­paya mencari rida Allah SWT,” bebernya.

Untuk itu, Emil mengajak warga Jawa Barat untuk mela­kukan hal-hal yang menda­tangkan keridaan Allah SWT. Misalnya beribadah dengan penuh kesungguhan. Kemu­dian memohon kepada-Nya surga dan berlindung dari siksa api neraka.

Ramadan, kata Emil, harus meningkatkan kualitas kema­nusiaan dan keimanan kita. Oleh karena itu bulan yang dirindukan ini harus diisi ke­giatan istimewa. Serta, iba­dahnya harus lebih banyak, pengendalian diri harus lebih kuat, dan kesabaran harus lebih luas.

”Kalau itu dilakukan, insya Allah kita akan jadi individu yang lebih baik. Karena go­daannya sangat banyak, oleh karena itu kalau sering ibadah insya Allah kita terjaga,” kata Emil.

Spirit Jawa Barat Juara Lahir Batin, kata dia, menjadi upaya pembangunan batiniyah ma­syarakat di samping pembangunan fisik atau infrastruk­tur. Sebab kekokohan jas­mani rohani harus dibentuk secara seimbang.

Dalam misi Jabar Juara Lahir Batin, Gubernur juga menga­jak seluruh warga Jabar me­nyukseskan beberapa program keumatan seperti Subuh Ber­jamaah, Magrib Mengaji, English for Ulama, Sadesha, Zakat Digital, Dakwah Digital, MTQ Juara, Satu Pesantren Satu Produk, dan program lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan