Manggis Sukabumi Manis, Menteri Pertanian Lepas Ekspor ke Tiongkok

SUKABUMI – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, melepas ekspor buah manggis di Kecama­tan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, kemarin (21/2). Ekspor tersebut menan­dai pengiriman ekspor langsung dari Indonesia langsung ke Tiongkok dan tidak transit ke negara lain.

“Kami sangat bersyukur karena ekspor manggis dari Indonesia langsung ke Tiongkok dan beberapa negara lain. Sebelumnya ekspor manggis dari Indo­nesia lebih dahulu transit di Malaysia dan Singapura sebelum tiba di Tiongkok,” ujar Amran kepada warta­wan di sela-sela pelepasan ekspor manggis di Kom­pleks Asrama Haji Cikem­bar, kemarin (21/2).

Menurut Amran, dari data yang ada, ekspor manggis Indonesia terus mening­kat. Pada 2017 lalu ekspor manggis mencapai 9 ribu ton. Sementara pada 2018 naik menjadi 38 ribu ton atau meningkat sebesar 300 persen.

“Kenaikan ini salah satu­nya karena adanya akses langsung ekspor ke Tiong­kok. Hal ini sebagai upaya pemerintah dalam menin­gkatkan pendapatan dan kesejahteraaan petani,” terangnya.

Secara keseluruhan ek­spor pangan Indonesia naik sekitar 29 persen atau Rp 400 triliun. Selain itu ada yang menarik dan jarang terekpose yakni produk domestik bruto (PDB) sektor pertanian. Amran menuturkan pada 2014 atau awal pemerin­tahan Jokowi-Jusuf Kalla nilai PDB sektor pertanian sekitar Rp 900 triliun. Se­mentara saat ini meningkat menjadi Rp 1.460 triliun. Sehingga, PDB pertanian naik Rp 470 triliun sampai Rp 500 triliun.

“Sehingga akumulasi ke­naikan PDB mencapai Rp 1.370 triliun atau separuh dari APBN. Ini sangat luar biasa,” tegas Amran.

Terdapat sebanyak 460 komoditas pangan yang dikelola Kementerian Per­tanian. Sehingga produk pangan tidak hanya men­gandalkan padi dan ja­gung. Contohnya, pen­ingkatan ekspor manggis sebesar 300 persen.

Kenaikan ini salah satu­nya karena adanya perha­tian pemerintah sehingga ekspor naik. Ke depan, produk pangan lainnya yang akan ekspor seperti kelapa dalam dan jagung. Bahkan produksi bunga melati sudah ekspor pada beberapa hari lalu.

“Meningkatnya ekspor akan meningkatkan kes­ejahteraan petani. Jika petani untung maka mere­ka akan terus produksi atau menanam. imbuh dia. Sehingga produk pertanian Indonesia akan teris men­ingkat.

Tinggalkan Balasan