Ledakan Balon MPLS di Cianjur, 8 Orang Luka Bakar

CIANJUR – Delapan orang warga Kampung Tunagan RT 01/RW 04, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur mengalami luka bakar serius setelah balon gas yang diterbangkan salah satu sekolah di Kabupaten Bandung sebagai simbolis pembukaan MPLS, meledak dan mengenai warga yang sedang berkerumun.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Cianjur Ekspres, peristiwa yang terjadi Senin (15/7) siang sekitar pukul 12.30 Wib itu bermula ketika warga melihat ada puluhan balon bergantungkan tulisan MPLS SMA Karang Arum Cilengkrang, Kabupaten Bandung TP 2019-2020 itu terbang merendah ke pemukiman warga.

Penampakan balon gas dari SMA Karang Arum Bandung yang meledak di Cianjur.

”Maklum namanya warga, melihat ada balon yang jumlahnya puluhan itu ada yang mendekat. Tapi kebetulan memang di lokasi balon itu turun beberapa warga sedang berkumpul,” ujar Kepala Desa Wangunjaya, Misbahudin, Selasa (16/7).

Menurut Misbahudin, saat dekat dengan kerumunan warga, balon tersebut tiba-tiba meledak. Akibatnya delapan orang warga, dengan dua di antaranya merupakan anak kecil mengalami luka bakar.

”Entah karena ada gesekan antar balon atau memang kondisi udara yang sedang panas karena menjelang kemarau, balon itu meledak di tengah warga yang berkumpul,” kata dia.


Warga yang mengalami luka bakar itupun segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Beruntung tidak ada yang harus dirawat, para korban sudah bisa kembali pulang beberapa jam setelah ditangani.
”Untuk korban yang mengalami luka bakar serius ada tujuh orang. Sedangkan satu lagi hanya luka ringan,” kata dia.

Menurutnya, barang bukti berupa balon dan kertas bertuliskan MPLS dari SMA Karang Arum sudah diserahkan ke pihak kepolisian. Rencananya, lanjut dia, pihak sekolah akan datang ke desa untuk bermusyawarah dengan para korban dan bertanggung jawab.

”Sudah bisa terhubung dengan pihak sekolah, rencananya akan datang untuk bertanggungjawab kepada para korban,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMA Karang Arum, Abdul Rasid membenarkan bawah saat pembukaan MPLS pada Senin (15/7) ada sesi pelepasan balon.

”Iya memang betul Balon yang diterbangkan sekitar 50 buah, pelepasan balon itu dilaksanakan pada saat pembukaan MPLS dihadiri yang dihadiri oleh Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, guru-guru dan peserta MPLS,” ujar Rasid saat ditemui di ruangan Perpustakaan SMA Karang Arum, Jalan Karang Arum No 1, Cilengkrang, Bandung, Selasa (16/7).

Tinggalkan Balasan