Karir Messi dan Ronaldo akan Redup, Siapa Penggantinya?

PARIS – Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menjadi penguasa panggung sepak bola dunia dalam satu dekade terakhir. Akan tetapi, usia dan kemunculan bintang baru akan segera menenggelamkan mereka.

Ronaldo pada 5 Februari lalu sudah berusia 34 tahun. Memang hasil pemeriksaan medisnya di Juventus menunjukkan fisiknya masih seperti remaja berusia 20 tahun. Akan tetapi, sulit untuk percaya bahwa pemain berjuluk CR7 itu akan terus bisa mempertahankan level terbaiknya.

Setali tiga uang dengan Messi. Pada 24 Juni mendatang ia baru akan berusia 32 tahun. Superstar Barcelona itu juga diyakini tidak akan bertahan lebih lama di puncak kariernya. Makanya, Barcelona sudah mulai mencari sosok bintang baru sebagai persiapan ketika mereka sudah harus kehilangan sang superstar.

Lalu, siapa bintang masa depan yang akan kelak akan menjadi suksesor CR7 dan Messi? Empat atau lima tahun lalu, Neymar, Paulo Dybala, dan Eden Hazard adalah jawaban untuk pertanyaan ini. Kemampuan mereka dalam menggocek bola dan mencetak gol dianggap hanya sedikit di bawah Messi atau Ronaldo.

Akan tetapi, setelah lima tahun berlalu dan ketika mereka sudah di usia emas, ketiganya ternyata gagal menggeser salah satu dari Ronaldo atau pun Messi. Kebintangan mereka bahkan mulai ditenggelamkan bocah-bocah ajaib yang muncul mengejutkan dalam dua tahun terakhir.

Bintang mudal fenomenal paling disorot saat ini adalah Kylian Mbappe. Baru saja merayakan ulang tahun ke-20-nya, penyerang Paris saint Germain (PSG) itu sudah menunjukkan sinar luar biasa yang mampu memudarkan kebintangan Neymar, rekan seklubnya.

Dengan 27 gol dari 31 penampilan di semua kompetisi musim ini, eks striker AS Monaco itu mampu menunjukkan dirinya pantas mendapat status pemain termahal dunia kedua dengan harga Rp2,8 triliun. Pencapaiannya sejauh ini melengkapi suksesnya meraih gelar Piala Dunia yang tak pernah dirasakan Messi dan Ronaldo.

“Kylian luar biasa. Semua orang di ruang ganti tahu betapa Mbappe dapat diandalkan dan sangat penting, tetapi dia masih memiliki hal-hal yang perlu ditingkatkan,” kata Pelatih PSG, Thomas Tuchel, tentang Mbappe dikutip dari One Football, Rabu, 27 Februari.

Tinggalkan Balasan