DPRD Dorong Bangun Lahan Pemakaman

NGAMPRAH– Sebagai bentuk penghormatan terakhir dari pemerintah daerah kepada para pejabat seperti Bupati Bandung Barat, DPRD mendorong agar disiapkan lahan khusus untuk pemakaman orang nomor satu di Bandung Barat tersebut yang sudah berkontribusi dan berjasa untuk pembangunan daerah.

“Harusnya kita punya untuk lahan khusus pemakaman bupati, ini kan bentuk perhormatan terakhir bagi mereka yang sudah berjasa untuk daerah. Makanya kami ingin mengusulkan agar ada lahan khusus pemakaman bupati dan wakilnya,” kata Ketua Komisi IV DPRD KBB, Iwan Ridwan, di Padalarang kemarin.

Dia memandang, seharusnya almarhum Bupati Bandung Barat pertama Abubakar juga dimakamkan di makam pahlawan atau makam khusus bupati yang berada di KBB. Sebab beliau adalah bupati yang menjadi peletak dasar pemerintahan dan pembangunan selama 10 tahun yang manfaatnya bisa dirasakan sampai sekarang.

Namun paktanya, almarhum mantan Bupati Bandung Barat Abubakar di makamkan di area keluarga tepatnya di Kampung Cisangkan Girang RT 07/02, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Sabtu (13/7) lalu. Terlepas dari permintaan pihak keluarga, dirinya dapat memaklumi hal tersebut. Namun yang jelas ke depan harus sudah dipikirkan dari sekarang perlu adanya makam khusus bagi bupati yang pernah memimpin KBB.

“Itu akan sangat bermanfaat dan memiliki kesakralan yang begitu kuat ketika misalnya setiap peringatan 17 Agustus, hari jadi KBB, atau Hari Pahlawan menjadi tempat ziarah dan tabur bunga pemimpin mendatang dan masyarakat KBB,” tuturnya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menyambut baik usulan adanya makam khusus bagi bupati. Namun, kata dia, implementasinya bisa diperluas. Bukan hanya makam bagi bupati, tapi bisa saja bagi para pendiri KBB atau mereka yang punya jasa terhadap KBB, seperti dari kalangan masyarakat yang mampu mengharumkan nama KBB atau membuat karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Saya sependapat, harus dicarikan lahan khusus. Jadi nantinya bisa jadi ikon untuk dilakukan tabur bunga saat hari-hari bersejarah mengenang perjuangan orang-orang yang berjasa bagi KBB. Itu akan menjadi pembahasan kita ke depan,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan