Waspadai Ispa Dipergantian Musim

BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung menghimbau warga diwilayahnya mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Hal itu seiring mulai masuknya musim kemarau.

Plt Dinkes Kabupaten Bandung Marlan mengatakan, ISPA menjadi salah satu dari banyak penyakit yang paling mengancam kesehatan ketika memasuki musim kemarau sehingga perlu ada kewaspadaan warga.

“Bila melihat tanda tanda saat ini sepertinya musim kemarau sudah terjadi. Makanya kami harapkan seluruh warganya bisa menjaga kesehatannya ketika keluar rumah untuk aktifitas,” ujar belum lama ini.

Menurut Marlan, debu yang cukup tebal dan kotor yang terhirup dapat menjadi pemicu ISPA. Pola hidup kurang sehat seperti tidak menjaga kebersihan lingkungan sekitar pun dapat menjadi faktor penyebab lainnya.

“Untuk antisipasi penyakit musim kemarau kami melakukan sosialisasi melalui petugas khusus termasuk menerjunkan puskesmas keliling (kesling) memberikan pemahaman gimana cara hidup sehat ke warga,” katanya.

Kesling juga, lanjut Marlan, menjadi tim yang bergerak ke pedesaan untuk menangani warga yang sudah terserang penyakit. Baik itu ISPA, atau yang lainnya seperti penyakit kulit, atau diare dampak kemarau panjang.

“Kami juga intens berkomunikasi dengan aparat di wilayah agar kesehatan warga ibukota Soreang terjaga dan penanganannya maksimal terutama di titik titik yang selama ini jadi daerah rawan kekeringan,” tandasnya. (pjk/bbs/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan