234

Tingkatkan Layanan Air Bersih, PDAM Tirta Raharja Dirikan SPAM Gambung

OPTIMALKAN PELAYANAN: Beberapa pekerja tengah mengerjakan sambungan pipa SPAM untuk mengalirkan air bersih ke penampungan ke bak kontrol yang selanjutnya di distribusikan ke rumah-rumah pelanggan PDAM di wilayah Bandung Raya.

SOREANG – Untuk menambah pasokan air bersih di wilayah Bandung Raya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Rahaja telah membangun Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Gambung, di Kampung Gambung, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Kepala Bagian Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja, Dadang Supriyadi mengatakan, saat ini progres pembangunan mencapai 50 persen. Bahkan, pada tahun ini berencana ada pemasangan pipa instalasi sampai ke Kota Cimahi.

Dirnya menyebutkan, untuk pengerjaan proyek tersebut pihaknya mendapat kuncuran modal dari Pemkab Bandung sebesar Rp 12,5 miliar untuk pembangunan pengolahan air dengan kapasitas 400 liter perdetik.

’’Dari tahap pembangunan intake atau bangunan penyadap dilanjutkan dengan pemasangan pipa air baku sampai Desa Sadu,’’ jelas Dadang ketika ditemui di kantor PDAM Tirta Raharja kemarin (3.1)

Dirinya memaparkan SPAM ini nantinya akan di manfaatkan untuk meningkatkan pelayanan pasokan air bersih di beberapa wilayah di Kabupaten Bandung. Sebab, dari hasil pemetaan ada beberapa desa sudah mengajukan sambungan air.

Selain itu, untuk membantu pasokan air juga akan dialirkan untuk wilayah Cimahi bagian selatan dengan cakupannya sampai Margaasih perbatasan Cimahi dengan Kabupaten Bandung.

’’Targetnya di wilayah selatan tidak akan terkena dampak kesulitan air ketika kemarau, tentunya setelah kapasitas penyaluran air 400 liter perdetik itu terbangun,’’ucap Dadang.

Dirinya mengungkapkan, kedepan PDAM Tirta Raharja sebetulnya memiliki tantangan berat. Sebab, berdasarkan schedule perencanaan pada triwulan pertama tahun 2019, pembangunan satu Water Treatment Plant (WTP) atau instalasi pengolahan air sudah harus selesai.

Dengan begitu, pada 2020, ditaragetkan pembangunan SPAM Gambung diharapkan selesai dan bisa mengalir ke Kota Cimahi dengan kapasitas 100 liter perdetik.

“Targetnya 2020 itu mengalir, dengan catatan sambungan pipanya juga sudah disiapkan,” kata dia.

Dadang menambahkan, untuk sambungan baru pihaknya menargetkan 100 ribu lebih sambungan. Meskipun saat ini di Kota Cimahi baru  15.800 sambungan air bersih dia memastikan target tersebut di tahun ini bisa tercapai.

’’Jadi secara keseluruhan, PDAM Tirta Raharja memiliki 91.368 sambungan rumah,’’pungkas Dadang (zis/yan)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.