Regulasi Pemain Asing Belum Jelas

JAKARTA – Kompetisi se­pakbola Indonesia yang kerap berganti regulasi di setiap musimnya menjadi hamba­tan tim-tim peserta untuk menyiapkan diri jelang mu­sim baru. Terutama dalam hal regulasi penggunaan pemain asing.

Seperti diketahui, dalam dua musim bergulirnya Liga 1 selalu ada perubahan dalam regulasi terkait pemain asing. Jumlahnya memang tak be­rubah. Setiap klub boleh menggunakan 4 pemain asing. Tapi tetap ada perbe­daan yang nyata.

Musim 2018, tidak ada lagi status marquee player. Hanya menggunakan 3 pemain non-Asia dan 1 pemain Asia. Se­belumnya, menggunakan 2 pemain non-Asia, 1 Asia, dan 1 marquee player. Kategori terakhir adalah pemain yang pernah membela negaranya dalam ajang bergengsi se­perti Piala Dunia dalam 3 edisi terakhir.

Manajer Bhayangkara FC AKBP Sumardji menjelaskan, harusnya untuk regulasi tetap ada patokan. Sebab, klub pasti saat ini tengah tarik ulur untuk melakukan negosiasi kepada pemain asing. ’’Ya biar kami nyaman, mengerti bagaimana seharusnya, tidak kecewa,’’ tuturnya.

Namun, dia tidak masalah jika memang nanti bakal ada perubahan regulasi mengenai pemain asing. Selama tujuan­nya adalah meningkatkan kualitas Timnas Indonesia.

’’Muara kompetisi ini kan Timnas. Jadi percuma kalau regulasi diubah, tidak ada perubahan ke Timnas. Kami akan ikuti jika memang bergu­na untuk memberi prestasi kepada Timnas,’’ tegasnya.

Media and Public Relation­ship Manager PT LIB Hanif Marjuni membenarkan sejauh ini memang pihaknya masih belum memutuskan hal-hal yang terkait regulasi kuota pemain asing. PT LIB akan bertemu PSSI untuk mem­bicarakan terkait evaluasi Liga 1 musim 2018 terlebih dahulu pada akhir bulan ini. ’’Kami bertemu PSSI dulu untuk merundingkannya,’’ paparnya.

PT LIB sendiri diakuinya tidak bisa memutuskan ter­kait kuota pemain asing yang akan dipakai di kasta ter­tinggi sepak bola Indonesia musim depan. PSSI yang punya wewenang untuk itu. Artinya, berapa nanti pemain asing yang boleh dipakai ter­gantung hasil pertemu­an dengan PSSI.

Yang jelas, LIB dan PSSI pasti akan mempersiapkan sebaik mungkin soal kuota pemain asing ini. Mempersi­apkannya dengan maksimal agar nanti kualitas Timnas Indonesia jadi lebih baik. ’’Muara kompetisi kan ke Tim­nas. Jadi regulasi yang dibuat ya semua untuk kepentingan Timnas,’’ tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan