PU Bangun Ipal Komunal Uber

BANDUNG – Kota Bandung memiliki Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal Sani­tasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) baru. IPAL yang terletak di Kelu­rahan Cigending, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung dibangun dari Bantuan Program Pemerintah Pusat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenperu) dan Islamic Development Bank (IDB).

IPAL yang dibangun dengan Dana sebesar Rp 425 juta ini diresmikan oleh Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Da­nial, Senin (29/1) lalu.

Oded berharap, adanya IPAL komunal yang dapat menam­pung limbah WC sekitar 120-150 Kepala Keluarga ini dapat menjadi salah satu solusi sanitasi dan kebersihan di Kota Bandung.

”Dengan adanya IPAL Komu­nal ini, semoga dapat men­jadi salah satu solusi bagi warga kawasan Cigending untuk lebih bersih dan asri. Terutama tidak membuang kotoran ke sungai secara langs­ung,» ungkap Oded Usai pe­resmian.

Oded berharap, ke depannya IPAL Komunal dapat dibangun secara merata di Kota Bandung. Khususnya di kawasan kawa­san yang dekat dengan sung­ai. Sehingga kotoran yang terbuang ke sungai bisa ter­minimalisir.

”IPAL komunal ini salah satu cara mengurangi sampah ke sungai. Insya Allah di Bandung akan dibangun di beberapa titik,” ujarnya.

Oded menegaskan, pemerin­tah akan terus mengupayakan kebutuhan masyarakat baik fasilitas infrastruktur dan non infrastruktur. Untuk kesejah­teraan masyarakat memang perlu proses dan prosedur. Sehingga masyarakat memang harus bersabar. ”Kita sebagai pemerintah akan terus beru­paya memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Bandung, dicicil, sedikit demi sedikit. Untuk itu perlu kesabaran,” tutur Oded.

Sementara itu, kemarin dia juga menyebutkan teras Cica­das akan segera dibangun peruntukannya untuk menam­pung PKL di kawasan Cicadas yang selama ini menggunakan trotoar. ”Konsepnya seperti teras cihampelas, nanti kita buat di sini (cicadas), lokasinya mengarah ke jalan Ibrahim Aji, ke arah Selatan» ujar Oded.

Oded mengatakan, para PKL Cicadas sudah setuju dengan rencana penataan dan relo­kasi PKL itu. Bahkan Mang Oded mengaku sudah langs­ung berdialog dengan seba­gian PKL.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan